Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menarik Siswa Baru di MTs Daarul Uluum PUI Majalengka

Jauharotul Maknunah Al-As’ari, (2022) Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menarik Siswa Baru di MTs Daarul Uluum PUI Majalengka. Bachelor thesis, S1 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Di dalam suatu lembaga pendidikan memerlukan pemasaran pendidikan agar dapat bersaing di antara lembaga pendidikan lainnya. Kenyataannya di lapangan banyak lembaga pendidikan Islam yang masih belum menerapkan strategi pemasaran. Pada masa pandemi semua kegiatan sosialisasi pemasaran akan dibatasi oleh waktu dan mengharuskan memakai masker. Di masa pandemi ini teruma dalam penerimaan peserta didik baru para orang tua tentu harus dapat memilih mana sekolah yang sesuai untuk anaknya baik dari segi pembelajaran ataupun dari segi ekonomi mengingat pada masa pandemi ini ekonomi masyarakat dengan kurang bagus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi manajemen pemasaran pendidikan dalam menarik siswa baru di masa pandemi covid-19 di MTs Daarul Uluum PUI Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa pengelolaan manajemen pemasaran pendidikan di MTs Daarul Uluum PUI Majalengka terlaksana sangat baik dan tersusun, dari perencanaan, terbentuknya kepanitiaan sampai monitoring sudah dibentuk secara matang. Dalam strategi pemasaran pendidikan MTs Daarul Uluum menggunakan strategi marketing mix (produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, pelayanan pendidikan, dan sarana sekolah) dengan memanfaatkan kompetensi unggulannya, yang dapat menjadikan komunitas muslim berlatar belakang tradisional atau modern sebagai segmentasi pemasaran jasa pendidikannya. Faktor pendukung di MTs Daarul Uluum yaitu ada pada orang tua murid yang sudah alumni dan menjadikan itu sebagai bukti yang real, faktor penghambat yaitu persaingan yang sangat ketat antar sekolah selama pandemi ini dan faktor lembaga pendidikan yang tinggi yang tanpa melihat terlebih dahulu produk yang ditawarkan. Strategi manajemen pemasaran pendidikan di MTs Daarul Uluum PUI Majalengka menggunakan teori marketing mix yang mengedepankan produk unggulan mereka untuk bisa menarik murid baru dan mengembangkan potensi murid baik di akademik maupun non akademik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Pendidikan, Marketing Mix, Minat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:15
Last Modified: 21 Dec 2022 07:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8829

Actions (login required)

View Item View Item