Madgani, (2022) Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Nurur Rohmah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (480kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang manajeman strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Nurur Rohmah Kota Cirebon. Manajemen strategik mempunyai peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Nurur Rohmah (2) Pelaksanaan manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Nurur Rohmah (3) Evaluasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Nurur Rohmah. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif, sebagai upaya memberikan jawaban atas permasalahan yang telah di uraikan, karena sifatnya menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara daan dokumentasi. Hasil penelitian dapatlah disimpulkan bahwa manajeman strategi menggunakan analisis SWOT dan disusun mengacu pada 8 standar pendidikan nasional serta visi, misi dan tujuan madrasah. Karena pencapaian kualitas tersebut tidak terlepas dari visi,misi dan tujuan madrasah yang telah ditentukan serta menjadi acuan pertama dalam membangun madrasah sekolah agar mampu tercapai meningkatkan mutu pendidikan dengan baik. Kendala meningkatkan mutu pendidikan di MI Nurur Rohmah Kota Cirebon dalam hal ini peneliti menemukan beberapa kendala yaitu dalam sumber daya manusia, profesionalisme guru, sarana prasana, proses pembelajaran yang kurang efektif, rendahnya standar kompetensi lulusan, motivasi belajar siswa dan proses pemanfaatan anggaran yang kurang efektif dan efisien. Solusi pada kendala meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan melakukan rapat kepala sekolah dengan guru, staf dan seluruh guru madrasah bersama-sama membahas program yang akan dilaksanakan, melakukan analisis sasaran dan merumuskan sasaran didasarkan pada visi, misi dan tujuan madrasah serta melakukan pendidikan untuk profesionalisme guruseperti studi banding, workshop, seminar, dan melakukan kerja sama dengan sekolah tetangga yang lebih maju.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategik, Mutu Pendidikan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 00:51 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 00:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8847 |
Actions (login required)
View Item |