Implementasi Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Indramayu dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Fatah Arjasari Patrol Indramayu

Puput Novita Sari, (2022) Implementasi Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Indramayu dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Fatah Arjasari Patrol Indramayu. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu kurangnya penanaman pendidikan karakter saat ini dapat dirasakan dengan terjadinya penurunan karakter para siswa khususnya siswa MI Nurul Fatah Arjasari. Strategi yang dapat digunakan dalam membentuk karakter siswa yaitu melalui implementasi pembelajaran muatan lokal bahasa Indramayu. Implementasi muatan lokal bahasa Indramayu menjadi suatu hal terpenting dalam berpartisipasi dan berperan terhadap nilai-nilai positif sebagai sarana pembentukan karakter. Tujuan penelitian dalam skripsi ini mendeskripsikan: 1) Implementasi pembelajaran muatan lokal bahasa Indramayu dalam membentuk karakter siswa di MI Nurul Fatah Arjasari, 2) Faktor penghambat implementasi pembelajaran muatan lokal bahasa Indramayu dalam membentuk karakter siswa di MI Nurul Fatah Arjasari, 3) Faktor pendukung implementasi pembelajaran muatan lokal bahasa Indramayu dalam membentuk karakter siswa di MI Nurul Fatah Arjasari. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan semaksimal mungkin mengungkap fakta lapangan. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini 1) Implementasi pembelajaran muatan lokal bahasa Indramayu dalam membentuk karakter siswa terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, 2) Faktor penghambat implementasi pembelajaran muatan lokal bahasa Indramayu yakni kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Indramayu dan kurangnya waktu pembelajaran tatap muka, 3) Faktor pendukung implementasi pembelajaran muatan lokal bahasa Indramayu yakni bahasa Indramayu digunakan sebagai bahasa komunikasi sehari-hari dan penerapan program 3S yaitu senyum, sapa, dan salam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Muatan Lokal, Implementasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:09
Last Modified: 22 Dec 2022 01:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8852

Actions (login required)

View Item View Item