Penerapan Program Building Learning Power (BLP) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Al-Bannaa Cikalahang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon.

Muhammad Rizal Arafah Sholeh Wahid, (2022) Penerapan Program Building Learning Power (BLP) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Al-Bannaa Cikalahang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Banyaknya pondok pesantren yang hanya mementingkan nilai dan kemampuan hardskill santri saja. Padahal motivasi belajar siswa akan muncul apabila minat, bakat dan kemampuan softskill santri dapat dimaksimalkan. Sehingga perlu adanya pengelolaan program Building Learning Power (BLP) agar motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Al-Bannaa Cikalahang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi manajemen strategi pendidikan berbasis Building Learning Power (BLP) dan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Al-Bannaa Cikalahang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, subjek penelitian ini adalah Pengasuh Pondok Pesantren sebagai informan kunci. Metodologi penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan meyode deskriftif-analisis. Metode deskriftif-analisis merupakan metode analisis data yang dimana proses kerjanya meliputi penyusunan dan penafsiran data. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif. Di dalam metode penelitian, teknik yang digunakan dalam proses menemukan jawaban dari penelitian harus disesuaikan agar mendapatklan hasil yang tepat. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu diantaranya wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Program Building Learning Power (BLP) di Pondok Pesantren Al-Bannaa Cikalahang sudah berjalan dengan baik. (2) Penerapan Program Building Learning Power (BLP) di Pondok Pesantren Al-Bannaa Cikalahang berdampak positif terhadap perkembangan motivasi belajar santri. Motivasi belajar santri Pondok Pesantren Al�Bannaa Cikalahang sendiri sudah cukup baik. Motivasi belajar itu bisa dilihat dari cita-cita santri yang besar. Pengelolaan Program Building Learning Power (BLP) yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Bannaa Cikalahang terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar santri. Tanda-tanda yang menunjukkan hal tersebut diantaranya adalah santri mampu berpikir kritis, mampu membuat pertanyaan, banyak prestasi yang diraih, lebih fokus dalam mengejar cita-citanya serta lebih sungguh-sungguh dalam belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Building Learning Power (BLP), Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:13
Last Modified: 22 Dec 2022 01:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8853

Actions (login required)

View Item View Item