Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Ar Rasyidiyyah Jakarta Utara

Asih Suryani, (2022) Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Ar Rasyidiyyah Jakarta Utara. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana adalah manajemen sarana sekolah dan sarana bagi pembelajaran, yang meliputi ketersediaan dan pemanfaatan sumber belajar bagi guru, siswa serta penataan ruangan-ruangan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Ar Rasyidiyyah Jakarta Utara. Sarana dan Prasarana yang terdapat di Madrasah Aliyah Ar Rasyidiyyah tergolong belum sepenuhnya memadai, karena beberapa sarana dan prasarana belum sesuai ketentuan dan beberapa ada yang rusak. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, peenghapusan, dan dampak sarana dan prasarana dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Ar Rasyidiyyahh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui metode obsevasi, wawancara, dan dokumentasi yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, guru, dan murid di Madrasah Aliyah Ar Rasyidiyyah Jakarta Utara sebagai informan kunci. Sedangkan yang menjadi Obyek penelitian ini adalah implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Ar Rasyidiyyah Jakarta Utara.yang melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa: 1)perencanaan yang dilakukan dengan musyawarah bersama, 2)pengadaan menyesuaikan kebutuhan yang paling penting, 3)penginventarisan yang masih belum ada secara pembukuan, 4)penggunaan yang lebih menitik beratkan kepada kesadaran bersama untuk saling menjaga apabila terdapat barang-barang yang perlu diperbaiki atau diperbarui, 5)penghapusan lebih kepada pembaharuan barang dan jasa apabila diketahui rusak, 6)Dampak manajemen sarana dan prasarana yang sangat mempengaruhi dalam meningkatkan kinerja guru.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan, Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:33
Last Modified: 22 Dec 2022 01:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8860

Actions (login required)

View Item View Item