Desain Didaktis Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Learning Obstacle

Syifa Fitria Nurfadlilah, (2021) Desain Didaktis Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Learning Obstacle. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Selama masa pandemi terjadi banyak kesulitan dalam proses pembelajaran khususnya dalam penyampaian materi yang diharuskan untuk menjelaskan konsep dengan media yang ada. Hal tersebut mengakibatkan munculnya kesulitan belajar (learning obstacle) khususnya dalam memperlajari materi SPLDV pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan learning obstacle (LO) terhadap siswa dalam mempelajari materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain didaktis materi sistem persamaan linier dua variabel. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan desain didaktis. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu sebagai berikut: a) analisis situasi didaktis; b) analisis metapedadidaktis dan c) analisis retrosfektif. Dari tahap analisis situasi didaktis teridentifikasi beberapa LO yang dialami siswa. yaitu siswa tidak menentukan variabel serta belum memahami konsep PLDV, siswa melakukan kesalahan dalam operasi hitung pada metode eliminasi, siswa tidak dapat membuat model matematika dan siswa tidak menerapkan metode substitusi. Berdasarkan temuan pada saat uji LO maka dirancanglah suatu desain didaktis hipotesis materi SPLDV yang terdiri dari tiga desain. Desain 1 berisi pengantar mengenai konsep PLDV dan SPLDV serta cara membuat model matematika. Desain 2 berisi cara menyelesaikan SPLDV menggunakan metode eliminasi. Desain 3 berisi cara menyelesaikan SPLDV menggunakan metode subtitusi. Tiga desain tersebut dijadikan tiga LAS untuk tiga pertemuan. Setelah implementasi desain didaktis hipotesis, diketahui terdapat penurunan learning obstacle pada pembelajaran SPLDV namun masih terdapat beberapa learning obstacle yang muncul sehingga dibuatlah desain didaktis empirik sebagai hasil evaluasi dari desain didaktis hipotesis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Desain Didactical Research (DDR), Learning Obstacle, Sistem Persamaan Linier Dua Variabe
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:43
Last Modified: 22 Dec 2022 01:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8862

Actions (login required)

View Item View Item