Muhammad Helmi Islami, (2020) Efektivitas Penggunaan Metode Tutorial Berbantuan Media Video Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Awalan DLL.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
Pada umumnya, matematika merupakan mata pelajaran yang sukar dan kurang disenangi dan dibenci oleh kebanyakan siswa. Salah satu penyebab pelajaran matematika kurang disukai siswa adalah jarang menggunakan media/alat peraga dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu penelitian menggunakan metode tutorial berbantuan media video dalam pembelajaran matematika. Masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Seberapa baik kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi sebelum penerapan metode tutorial berbantuan media video? (2) Seberapa baik kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi sesudah penerapan metode tutorial berbantuan media video? (3) Sejauh mana efektivitas penerapan metode tutorial berbantuan media video untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi? (4) Sejauh mana respon siswa terhadap metode tutorial berbantuan media video untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi? Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa baik kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi sebelum penerapan metode tutorial berbantuan media video. (2) Untuk mengetahui seberapa baik kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi sesudah penerapan metode tutorial berbantuan media video. (3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan metode tutorial berbantuan media video untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi. (4) Untuk mengetahui seberapa baik respon siswa terhadap metode tutorial berbantuan media video untuk meningkatkan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi. Penelitian dilakukan di SMK Plus Fatahilah. Metode yang digunakan eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI sebanyak 29 siswa dan terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas control sebanyak 38 siswa dan eksperimen 29 siswa, sedangkan pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, tes, observasi dan dokumentasi. Penulis menyimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: untuk kriteria atau penerimaan hipotesis untuk taraf signifikan Tes kemampuan berfikir kritis siswa sebelum penggunaan media tutorial ini memiliki rata-rata 51,03 besarnya kontribusi yang diberikan 1,480. Tes kemampuan berfikir kritis siswa sesudah penggunaan media tutorial ini memiliki rata-rata 67,24 besarnya kontribusi yang diberikan 1,950 penggunaan media tutorial berbantuan media video terhadap kemampuan berfikir kritis siswa ini menyelesaikan materi soal-soal Fungsi dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Media Video, Media Tutorial, cluster random sampling |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 02:56 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 02:56 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8870 |
Actions (login required)
View Item |