PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON

Annisa Novtidiya Humaedi, (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Peranan media pembelajaran menjadi komponen yang penting dalam proses pembelajaran daring (dalam jaringan) karena pertemuan sangat terbatas dan belum banyak pemanfaatan media pembelajaran yang dikemas menjadi satu untuk materi, video, dan soal evaluasi. Sejalan dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa siswa yang memanfaatkan android dalam kegiatan belajar mengajar untuk jenjang pendidikan SMP dan sederajat sebesar 54,84% sedangkan guru yang mempunyai kualifikasi di bidang TIK, untuk jenjang SMP dan sederajat hanya sebesar 11,33%. Pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan masih berupa teks yang membuat siswa menjadi jenuh yang mengakibatkan turunnya hasil belajar matematika siswa. Untuk itu perlu adanya inovasi media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi aritmetika sosial. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VII D, 20 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan 20 siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan model ADDIE, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, tes, dan angket. Media pembelajaran yang layak apabila valid, yang dapat dilihat dari validasi ahli materi dan ahli media yang menghasilkan skor rata-rata validasi media 4,81 dengan presentase 96% dengan kategori “Sangat Baik” dan ahli materi yaitu 4,95 dengan presentase 99% dengan kategori “Sangat Baik”, maka dapat dikatakan valid, kemudian praktis dapat dilihat dari sedikitnya revisi yang diberikan validator seta angket siswa yang mendapat skor rata-rata 88,55% yang artinya “Sangat Praktis”, serta efektif dapat dilihat dari jumlah siswa pada kelas ekperimen yang mendapat nilai tuntas pada posttest yaitu sebanyak 95%. Maka media dapat dikatakan layak. Hasil uji Independet Sample Test pada tahap uji coba pemakaian kelas eksperimen menunjukan nilai Sig 0,000 yang menyatakan bahwa rata-rata kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan, dan nilai rata�rata n-gain pada kelas eksperimen yaitu 57,8591 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 29,6190 maka dapat dinyatakan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata nilai kelas kontrol. Jadi, pengembangan media pembelajaran interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Android, Aritmetika Sosial, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:32
Last Modified: 22 Dec 2022 03:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8879

Actions (login required)

View Item View Item