EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Deby Anggita Eka Pradani, (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran tidak terlepas dari kesiapan siswa dan gurunya. Siswa yang merasa siap untuk belajar akan merasa termotivasi dan penuh perhatian untuk mengikuti proses pembelajaran tersebut. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang mengalami kebosanan dalam pembelajaran matematika sehingga motivasi untuk belajarnya juga menurun, oleh karena itu guru harus berupaya memelihara dan mengembangkan minat belajar siswanya. Beberapa guru dalam pembelajaran matematika masih menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru untuk menyampaikan suatu materi kepada siswa, sehingga membuat siswa jenuh untuk belajar matematika. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang inovatif sehingga menciptakan suasana yang berbeda yaitu dengan menggunakan media pembelajaran kartu domino. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media kartu domino yang telah dimodifikasi dan juga untuk mengetahui keefektifan penggunaan media kartu domino untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada materi trigonometri. Subjek uji coba pada penelitian ini kelas XI IPS yang berjumlah 25 siswi di MA An-Nur Kota Cirebon sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini merupakan Pre�Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket dan tes. Penentuan tingkat kelayakan suatu produk dilihat dari validasi ahli media serta ahli materi, dikatakan layak apabila memperoleh kriteria “tinggi”. Hasil validasi media 0,97 termasuk validitas tinggi, sedangkan hasil validasi ahli materi 0,90 termasuk validitas tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu domino layak digunakan untuk tahap uji coba produk. Uji paired sample t test didapat nilai Sig. (2-tailed) 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 sehingga adanya perbedaan rata�rata antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran kartu domino. Rata-rata sebelum diberi perlakuan sebesar 38,51 sedangkan rata-rata sesudah diberi perlakuan sebesar 82,21 sehingga dapat diartikan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa antara sebelum menggunakan media kartu domino dan sesudah menggunakan media kartu domino.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran kartu domino, trigonometri, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:40
Last Modified: 22 Dec 2022 03:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8882

Actions (login required)

View Item View Item