Fauzyyani, (2021) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran di era abad 21 ini banyak guru yang sudah mulai mengenalkan atau menggunakan soal-soal yang lebih membuat siswa untuk berfikir tingkat tinggi, yang biasanya guru gunakan adalah soal-soal Matematika dalam pembelajarannya dari situ kita dapat mengetahui cara berfikir kreatifitas siswa dalm menyelesaikan soal Matematika.Selain dalam kreatifitasnya yang diujikan untuk siswa dalam penerapan soal-soal ujian atau keseharian merekapun dituntut untuk dapat menjelaskan dan mengomunikasikan dalam bahasa untuk memecahkan permasalahan yang diberikan guru.kurangnya kreativitas dari siswa dalam menyelesaikan soal masih sangat banyak ditemukan dalam sekolah khususnya tipe soal Matematika. Padahal logika adalah salah satu kunci dalam belajar Matematika. Jika seseorang sudah terbiasa mengasah kemampuan logika berpikirnya dalam memecahkan masalah Matematika akan terbiasa juga untuk berpikir secara nalar, kritis, runtut dan konsisten. Tujuan penelitian adalahmengetahui kreativitas siswa dan komunikasi siswa dalam menyelesaikan soal Matematika. Metode yang digunakan adalah analisis dokumen yaitu penelitian dengan satu kelompok siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIA MTsN 4 Cirebon, sedangkan sampel penelitian adalah 5 siswa dari kelas VIIA. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan analisis jawaban siswa terhadap menyelesaikan soal Matematika dan mengkomunikasikan jawabannya di dapat hasil 1 siswa yaitu responden 5 yang memenuhi keempat indikator kreatifitas, dan ke empat siswa lainnya belum memenuhi semua indikator kreatifitas melainkan hanya memenuhi beberapa indikator saja dalam kreatifitas sedangkan 1 siswa yaitu responden 3 yang belum mampu memiliki indikator kreatifitas dan mengaplikasikannya dalam menyelesaikan soal Matematika. Kedua, kemampuan keterampilan komunikasi siswa dalam menyelesaikan soal Matematika dari kelima siswa yang dijadikan sampel untuk dianalisis hasil jawabannya didapat 3 siswa yang memenuhi sebagian besar dari indikator komunikasi dan 2 siswa lainnya yaitu responden 5 dan responden 3 belum mampu menunjukkan indikator komunikasi yang ada melainkan hanya memenuhi beberapa indikator saja dalam kreatifitas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreatif dan Komunikasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 04:11 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 04:11 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8888 |
Actions (login required)
View Item |