ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM 2013 MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA KELAS VII MTS DI KECAMATAN LEBAKSIU)

Lina Nurfajriyati Khasanah, (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM 2013 MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA KELAS VII MTS DI KECAMATAN LEBAKSIU). Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan pada dunia pendidikan. Hal ini yang mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan baru terkait pembatasan proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu diperlukan penyesuaian terkait model pembelajaran yang digunakan termasuk model pembelajaran PAIKEM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui bagaimana proses pelaksanaan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dalam mata pelajaran matematika pada masa pandemi covid-19 di kelas VII MTs. di Kecamatan Lebaksiu (2) mengetahui apa saja problematika yang timbul dalam implementasi model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dalam mata pelajaran matematika pada masa pandemi covid-19 di kelas VII MTs. di Kecamatan Lebaksiu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu empat guru matematika di tiga sekolah yaitu MTs. Al Madinah, MTs. Teladan Al Amiriyah, dan MTs. Nurul Ulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pelaksanaan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dalam mata pelajaran matematika pada masa pandemi covid-19 di kelas VII MTs. di Kecamatan Lebaksiu secara keseluruhan masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 81%. Adapun rinciannya sebagai berikut, implementasi indikator aktif dan inovatif masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 81%, implementasi indikator kreatif masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 82%, implementasi indikator efektif masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 81%, dan impelentasi indikator menyenangkan masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 78%, (2) problematika yang timbul dalam implementasi model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dalam mata pelajaran matematika pada masa pandemi covid-19 di kelas VII MTs. di Kecamatan Lebaksiu diantaranya waktu pembelajaran yang dibatasi, motivasi belajar yang dimiliki siswa masih rendah dan keterbatasan media pembelajaran berbasis teknologi yang dimiliki masing�masing sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: PAIKEM, Pandemi Covid-19, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:34
Last Modified: 22 Dec 2022 04:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8895

Actions (login required)

View Item View Item