Nor Amalia Nazhifa, (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP SELF-EFFICACY GURU MATEMATIKA SMPN DI KECAMATAN HARJAMUKTI. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kepercayaan diri guru dalam mengajar terutama berbasis teknologi. Pada sisi lain guru-guru dituntut memiliki kemampuan atau kompetensi keguruan yang baik, salah satunya kompetensi pedagogik dan kompetensi kepriibadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian terhadap self-efficacy guru SMPN di kecamatan Harjamukti. Maka tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan self-efficacy guru matematika SMPN di kecamatan Harjamukti 2) untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian terhadap self-efficacy guru 3) untuk mengetahui kompetensi manakah diantara kompetensi pedagogik atau kompetensi yang lebih berpengaruh terhadap self�efficacy guru. Penelitian ini menggunakan metode survey serta menggunakan desain penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru matematika SMPN se-kecamatan Harjamukti dan sampelnya berjumlah 25 guru matematika. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tingkat kompetensi pedagogik guru matematika SMPN di kecamatan Harjamukti memperoleh persentase rata-rata sebesar 86% yang dikategorikan sangat baik, kemudian tingkat kompetensi kepribadian guru matematika SMPN di kecamatan Harjamukti memperoleh persetantase sebesar 94% yang dikategorikan sangat baik, serta tingkat self-efficacy guru matematika SMPN di kecamatan Harjamukti memperoleh persentase sebesar 88% yang dikategorikan sangat baik. 2) kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian berpengaruh secara simultan terhadap self-efficacy guru matematika ditunjukkan pada nilai Fhitung = 32.266 > Ftabel = 3,42 3) Berdasarkan persamaan regresi berganda Y = 1,253 + 0,305 X1 + 0,384 X2, dapat diketahui nilai koefisien regresi kompetensi kepribadian sebesar 0,328 > 0,305 yaitu nilai koefisien regresi kompetensi pedagogik, sehingga kompetensi kepribadian lebih berpengaruh terhadap self efficacy guru.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Self-efficacy Guru |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 06:32 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 06:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8913 |
Actions (login required)
View Item |