Roikhatul Jannah, (2022) ANTISIPASI DIDAKTIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD) UNTUK MENGATASI LEARNING OBSTACLE MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya hambatan belajar yang dialami siswa saat mempelajari materi aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan belajar yang dialami siswa, mengembangkan desain didaktis dengan pendekatan zone of proximal development yang didasarkan pada hambatan belajar dan lintasan belajar yang dialami siswa dalam mempelajari materi aritmatika sosial serta melakukan analisis implementasi desain yang kemudian dibuat desain didaktis empirik. Sehingga diharapkan desain didaktis yang dikembangkan dapat mengoptimalkan kemampuan potensial siswa dalam mempelajari materi aritmatika sosial merupakan materi yang bersifat realistik dengan kehidupan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah didactical design research. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahapan pertama, analisis prospektif berupa identifikasi hambatan belajar siswa terhadap 33 siswa kelas VIII A SMP Negeri Kertasemaya yang telah mempelajari materi aritmatika, pembuatan HLT dan ADP; tahapan kedua, analisis metapedadidaktis berupa implementasi desain didaktis yang telah dikembangkan terhadap 29 siswa kelas VII F SMP Negeri 1 kertasemaya yang kemudian dilakukan analisis respon siswa; serta tahapan ketiga, analisis retrospektif berupa tindakan mengaitkan hasil analisis metepedadidaktis dengan desain didaktis hipotesis yang telah dikembangkan untuk membuat desain didaktis empiric. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes diagnostik, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini desain didaktis yang dikembangkan dapat mengurangi hambatan belajar siswa meskipun beberapa masih teridentifikasi, pasca implementasi desain hambatan belajar siswa menunjukan penurunan sebesar 0,51 dalam kategori sedang, hal yang perlu diperbaiki dalam desain didaktis empirik adalah pengolahan durasi pembelajaran, desain yang dikembangkan mampu mendorong siswa mencapai tahap perkembangan aktual serta membantu siswa membangun interaksi sosial yang baik di lingkungan belajarnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain didaktis, Learning Obstacle, Zone of Proximal Development, Aritmatika Sosial |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 01:19 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 01:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8934 |
Actions (login required)
View Item |