DESAIN DIDAKTIS DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN PELUANG

Shafi Rahmah, (2022) DESAIN DIDAKTIS DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN PELUANG. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan matematika siswa khususnya pada konsep peluang. Salah satu cara untuk mengembangkan pembelajaran supaya kemampuan matematika siswa meningkat dan mendapatkan respon yang tepat yaitu dengan merancang desain didaktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa serta antisipasi didaktis dengan strategi scaffolding dan implementasi strategi scaffolding pada saat pembelajaran berlangsung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan desain didaktis yang dikembangkan melalui tiga tahap yaitu analisis prospektif, analisis metapedadidaktik, dan analisis retrospektif. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis (tes uraian learning obstacle), wawancara (siswa dan guru), observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon sebanyak 21 orang. Desain didaktis dengan strategi scaffolding diimplementasikan dengan hasil yang menunjukan bahwa terdapat tiga situasi didaktis yang peneliti antisipasi dengan strategi scaffolding yaitu: 1) pada saat mengidentifikasi cara yang fair dan saat menentukan peluang empirik, peneliti melakukan antisipasi didaktis dengan memberikan stimulus berupa narasi dan memberikan contoh soal peluang empirik; 2) pada saat menentukan ruang sampel dan titik sampel kejadian, peneliti melakukan antisipasi didaktis berupa penjelasan definisi dan contoh soal; 3) pada saat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan peluang teoritik antisipasi yang diberikan yaitu dengan mendatangi meja siswa dan melakukan dialog serta memberikan contoh soal. Respon yang diberikan siswa pada saat pembelajaran yaitu: 1) siswa merasa percaya diri ketika mengerjakan soal peluang; 2) siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan materi peluang; 3) siswa antusias ketika melakukan diskusi kelompok dan menjawab pertanyaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Desain Didaktis, Learning Obstacle, Scaffolding, Peluang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:27
Last Modified: 23 Dec 2022 01:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8935

Actions (login required)

View Item View Item