PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-MODUL DENGAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Zeni Eva Hoerunisa Nur, (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-MODUL DENGAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar memiliki peranan penting untuk berlangsungnya pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih optimal . Guru harus menciptakan sebuah media pembelajaran dan bahan ajar yang tentunya agar siswa merasa tertarik dan aktif saat pembelajaran. Pada masa pandemi seperti ini pembelajaran secara online tentunya tidak efektif jika penggunaan bahan ajar berbasis cetak, dikarenakan terbatasnya sebuah komunikasi antara siswa dengan guru. Salah satu bahan ajar yang dapat diupayakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah bahan ajar berbasis E-Modul dengan aplikasi Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk : 1)Untuk mengetahui bagaimana kelayakan e-modul dengan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar matematika siswa, 2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar e-modul dengan aplikasi quizizz, 3)Untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan bahan ajar e-modul dengan aplikasi quizizz. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan metode dengan model ADDIE. Populasi adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sumber tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini . Kelas yang digunakan yakni kelas VII G sebagai kelas kontrol dan VII I sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil Penelitia ini adalah : 1) Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media bahwa pengembangan bahan ajar berbasis e-modul dengan aplikasi quizizz layak untuk digunakan sebagai bahan ajar matematika, 2) Hasil belajar matematika siswa meningkat setelah diberikannya bahan ajar e-modul dengan aplikasi quizizzi pada proses pembelajaran, artinya bahwa bahan ajar tersebut efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, melalui uji independent semple t-test diperoleh nilai probabilitas (signifikansi 2 tailed) dengan uji-t adalah 0,000. Ini menunjukkan bahwa nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau pengembangan bahan ajar berbasis e-modul dengan alplikasi quizizz efektif terhadap hasil belajar matematika siswa, 3) Respon siswa terhadap bahan ajar berbasis e-modul dengan aplikasi quizizz berada pada kategori cukup baik. Hal ini dilihat dari hasil analisis data perolehan rata-rata kumulatif dari angket respon dengan lima indikator memperoleh 77,6% dengan kriteria baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, E-Modul, Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:56
Last Modified: 23 Dec 2022 01:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8940

Actions (login required)

View Item View Item