PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN FORMATIF UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KOLABORATIF SISWA DALAM PENUGASAN MATEMATIKA JARAK JAUH

Ade Rusliyanto, (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN FORMATIF UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KOLABORATIF SISWA DALAM PENUGASAN MATEMATIKA JARAK JAUH. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
001 Cover Utama.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
019 Bab 1 Full.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
085 Bab 5 Full.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
087 Daftar Pustaka Full.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa penilaian formatif untuk menumbuhkan kemampuan kolaboratif siswa dalam penugasan matematika jarak jauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan instrumen ini mengadaptasi dari model pengembangan menurut Saifuddin Azwar. Tahap pengembangan sebagai berikut : mengidentifikasi tujuan ukur, pembatasan domain ukur, operasional aspek, penulisan item, uji coba bahasa, field test, seleksi aitem, dan kompilasi final. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 3 di MA Negeri 1 Kota Cirebon. Dari hasil validasi oleh expert judgment menunjukkan bahwa butir tugas esensial mewakili domain yang diukur, hal ini ditunjukkan oleh indeks Content Validity Ratio (CVR) yaitu bernilai 1. Berdasarkan hasil uji coba, rata-rata butir memiliki daya beda berkategori tinggi yaitu sebesar 0,685. Hasil uji reliabilitas menggunakan interrater reliability menunjukkan bahwa rata-rata butir memiliki reliabilitas berkategori sangat tinggi yaitu sebesar 0,932. Kemampuan kolaboratif siswa berdasarkan instrumen yang dikembangkan yaitu sebesar 33,33% siswa memiliki kemampuan kolaboratif sangat tinggi; 41,67% siswa memiliki kemampuan kolaboratif tinggi; 25% siswa memiliki kemampuan kolaboratif rendah; tidak ada siswa yang memiliki kemampuan kolaboratif sangat rendah. Disimpulkan bahwa instrumen penilaian kemampuan kolaboratif siswa layak digunakan secara umum untuk mengukur kemampuan kolaboratif siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Penilaian Formatif, Kemampuan Kolaboratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:05
Last Modified: 23 Dec 2022 02:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8943

Actions (login required)

View Item View Item