Siti Jumaroh, (2022) PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI RUMAH BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEDISIPLINAN SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran di sekolah masih banyak menggunakan paradigma lama, khususnya model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Akibatnya model pembelajaran yang digunakan tidak dapat memberikan pemahaman matematis dan pembentukan pendidikan karakter. Dalam pembelajaran matematika masih banyak siswa yang menghafal dari pada memahami materi. Salah satu pendidikan karakter yaitu kedisiplinan siswa, siswa sering mengabaikan kedisiplinan khususnya di era digital seperti sekarang ini. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat memberikan pemahaman matematis dan kedisiplinan siswa dengan baik di era digital ini. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan di era digital adalah model pembelajaran blended learning. Dalam penelitian ini, menerapkan blended learning sebagai model pembelajaran dengan bantuan media pembelajaran berupa aplikasi rumah belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui respon siswa terhadap penerapan blended learning menggunakan aplikasi rumah belajar, pengaruh model pembelajaran dengan menerapkan blended learning berbantuan media pembelajaran berupa aplikasi rumah belajar terhadap pemahaman matematis dan kedisiplinan siswa. Model pembelajaran ini diujicobakan kepada siswa SMK Al Jabbar Ciledug sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas X TKR-6 sebanyak 34 siswa dengan menggunakan One Group Posttest Only Design. Metode dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan angket. Untuk teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji pra syarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji linearitas, uji signifikansi regresi, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi). Hasil dari penelitian ini adalah (1) respon siswa terhadap penerapan blended learning menggunakan aplikasi rumah belajar sebesar 81,44% (2) besar pengaruh penerapan blended learning menggunakan aplikasi rumah belajar terhadap pemahaman matematis siswa sebesar 11,6%. (3) besar pengaruh penerapan blended learning menggunakan aplikasi rumah belajar terhadap kedisiplinan siswa sebesar 45,2%. Ini menunjukkan bahwa penerapan blended learning menggunakan aplikasi rumah belajar dapat berpengaruh terhadap pemahaman matematis dan kedisiplinan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Aplikasi Rumah Belajar, Pemahaman Matematis Siswa, Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 03:53 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 03:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8963 |
Actions (login required)
View Item |