DESAIN DIDAKTIS UNTUK MENGATASI EPISTEMOLOGICAL LEARNING OBSTACLE PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR

Muidah, (2022) DESAIN DIDAKTIS UNTUK MENGATASI EPISTEMOLOGICAL LEARNING OBSTACLE PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hambatan belajar yang dialami peserta didik khususnya pada materi limit fungsi aljabar. Salah satu cara untuk mengembangkan pembelajaran guna mengatasi hambatan belajar yang dialami peserta didik yaitu dengan membuat suatu desain didaktis yang merupakan rancangan pembelajaran berupa bahan ajar yang dianalisis berdasarkan learning obstacle khususnya epistemological learning obstacle (hambatan epistemologi). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain didaktis pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini berfokus pada sub materi konsep definisi limit dengan pendekatan limit kiri dan limit kanan, sifat-sifat limit, dan menentukan nilai limit dengan menggunakan metode substitusi, pemfaktoran, dan perkalian sekawan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menerapkan jenis Didactical Design Research yang dikembangkan oleh Suryadi melalui 3 tahapan, yaitu 1) analisis prospektif; 2) analisis metapedadidaktik; dan 3) analisis retrospektif . Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII MIPA 1 sebagai kelas yang telah mendapatkan materi limit fungsi aljabar. Hambatan belajar atau learning obstacle yang muncul diantaranya, yaitu 1) peserta didik masih belum memahami terkait definisi konsep limit yang menggunakan pendekatan limit kiri dan limit kanan; 2) peserta didik masih mengalami hambatan dalam mengklasifikasikan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat limit fungsi aljabar; 3) peserta didik mengalami hambatan dalam membedakan soal yang menggunakan penyelesaian dengan metode substitusi, pemfaktoran, dan perkalian sekawan. Setelah menemukan hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik, peneliti menyusun desain didaktis berdasarkan hasil analisis hambatan belajar (learning obstacle) dan alur pembelajaran (learning trajectory). Peneliti membuat tiga desain didaktis, diantaranya desain didaktis 1 dengan pokok bahasan konsep definisi limit dengan menggunakan pendekatan limit kiri dan limit kanan, desain didaktis 2 dengan pokok bahasan materi sifat-sifat limit fungsi aljabar, dan desain didaktis 3 dengan pokok bahasan materi mengenai cara menentukan nilai limit dengan menggunakan metode substitusi, pemfaktoran, dan perkalian sekawan. Desain didaktis ini kemudian diimplementasikan pada kelas XI IIK 1 yang belum mendapatkan materi limit fungsi aljabar. Dari hasil hasil analisis learning obstacle akhir terdapat penurunan hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik sehingga hambatan belajar dapat diminimalisir dengan penyusunan suatu desain didaktis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Desain Didaktis, Hambatan Epistemologi, Limit Fungsi Aljabar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:07
Last Modified: 23 Dec 2022 04:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8967

Actions (login required)

View Item View Item