PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Ifha Noorul Latifah, (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi dalam pendidikan telah membawa berbagai perubahan di masa pandemi, terus bermunculannya inovasi berupa media online yang dapat dimanfaatkan para pendidik untuk berinovasi menjadikan belajar di kelas lebih menarik dan interaktif. Salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan yaitu kuis interaktif berbantuan aplikasi quizizz. Diharapkan dengan aplikasi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran kuis interaktif berbantuan aplikasi quizizz dalam pembelajaran matematika berdasarkan data pengamatan guru. (2) respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran kuis interaktif berbantuan aplikasi quizizz. (3) hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran kuis interaktif berbantuan aplikasi quizizz dan tanpa menggunakan aplikasi quizizz. (4) pengaruh penggunaan media pembelajaran kuis interaktif berbantuan aplikasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Jalaksana tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 5 (kelas kontrol) dengan masing�masing jumlah 20 siswa, sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Hasil analisis data pengamatan guru pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran kuis interaktif berbantuan aplikasi quizizz oleh siswa telah terlaksana dengan kategori sangat baik yaitu mencapai persentase sebesar 93%. (2) Hasil analisis angket membuktikan bahwa respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran kuis interaktif berbantuan aplikasi quizizz mendapatkan respon positif dari siswa berada pada kategori kuat dengan persentase 71%. (3) Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas yang menggunakan media pembelajaran kuis interaktif aplikasi Quizizz memiliki hasil yang lebih tinggi, yaitu 86,50 dan kelas yang tidak menggunakan aplikasi Quizizz memiliki rerata hasil yang rendah, yaitu 70,50, yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar pada kedua kelas tersebut. (4) Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang diperoleh dari hasil belajar, serta hasil angket respon siswa dan hasil observasi yang telah dilakukan terdapat tanggapan yang baik siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kuis interaktif berbantuan aplikasi Quizizz berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kuis Interaktif, Quizizz, Hasil Belajar Matematika Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:12
Last Modified: 23 Dec 2022 04:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8968

Actions (login required)

View Item View Item