PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Yanti Komala Sari, (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Motivasi dan hasil belajar peserta didik yang rendah salah satunya dikarenakan proses pembelajaran yang digunakan pendidik dalam menyampaikan materi kepada peseta didik masih monoton. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran project based learning berbasis STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah model pembelajaran project based learning berbasis STEM dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi jarak pada dimensi tiga (2) Apakah pengunaan model pembelajaran project based learning berbasis STEM dapat hasil belajar peserta didik pada materi jarak pada dimensi tiga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain yang akan digunakan yakni one group pretest-posttest. Selanjutnya, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Islamic Centre Cirebon tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 781 peserta didik dengan sampel yang terpilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas XI Multimedia yang berjumlah 29 peserta didik. Penggumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat peningkatan motivasi belajar yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran project based learning berbasis STEM materi jarak pada dimensi tiga. Data perolehan dari angket motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan yaitu nilai presentase motivasi belajar sebelum perlakuan sebesar 61% (kurang baik) dan nilai presentase sesudah perlakuan sebesar 82% (baik). Dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh dari data angket motivasi belajar yaitu sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 (> 0,05). 2) Terdapat peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran project based learning berbasis STEM materi jarak pada dimensi tiga diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 40,14 dan nilai rata-rata posttest adalah 79,86 dengan perbedaan rata-rata pretest dan posttest adalah 39,72. Hasil tersebut diperkuat dari nilai signifikansi paired sample t test yaitu sebesar 0,000 > 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning berbasis STEM dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik materi jarak pada dimensi tiga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, STEM, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Dimensi Tiga
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:59
Last Modified: 23 Dec 2022 05:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8975

Actions (login required)

View Item View Item