EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Siti Robiah, (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Kemampuan matematika siswa di Indonesia masih tergolong pada kategori rendah. Salah satu kemampuan tersebut yaitu kemampuan penalaran matematis. Manfaat dari kemampuan penalaran matematis ini yaitu dapat membantu siswa dalam menggunakan kemampuan bernalarnya untuk menduga berdasarkan pengalaman yang dimiliki, sehingga dapat mudah memahami konsep matematika dan pembelajaran akan lebih bermakna. Selain itu, karena sistem pembelajaran saat ini dalam masa transisi, maka terdapat kebijakan tertentu seperti adanya pembatasan durasi jam pelajaran. Oleh karena itu, untuk tetap memaksimalkan proses pembelajaran dan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa diperlukan upaya yang tepat, salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) yang dipadukan dengan metode belajar blended learning dapat dijadikan alternatif untuk permasalahan tersebut, karena dalam pembelajarannya siswa dapat merekontruksikan pemahamannya dari aktivitas mereka yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari melalui pembelajaran daring yang diperkuat dengan pembelajaran tatap muka di sekolah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis blended learning dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran tersebut. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest – posttest control group design, penelitian yang menggunakan dua kelompok sampel yang dipilih secara acak dari populasi kelas VIII SMPN 1 Cigandamekar. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen atau teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket respon dan tes kemampuan penalaran matematis pada materi kubus dan balok. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji KKM, uji regresi linier, uji N-Gain, uji independent sample t -test untuk uji beda rata – rata, dan respon siswa. Adapun Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil analisis data menggunakan uji - uji statistik tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis blended learning efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil respon siswa terhadap model yang diterapkan pun menunjukan respon yang baik, hal ini diperoleh dari hasil rata – rata kumulatif angket respon siswa yang berada pada kategori kuat atau baik. Dari hasil penelitian ini diperoleh manfaatnya yaitu dapat menambah pemahaman penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis blended learning dan sebagai penambah wawasan bagi para pendidik untuk memilih dan menerapkan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan matematika di Indonesia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Realistic Mathematics Education, Blended Learning, Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:33
Last Modified: 23 Dec 2022 06:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8983

Actions (login required)

View Item View Item