Mohamad Bagus Sayekti, (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERTIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERDASARKAN KERANGKA BERPIKIR KATAGIRI. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
cover-daftar isi_ Skripsi_1808105079_Mohamad Bagus Sayekti.pdf Download (873kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_ Skripsi_1808105079_Mohamad Bagus Sayekti.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V_ Skripsi_1808105079_Mohamad Bagus Sayekti.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Dapus_ Skripsi_1808105079_Mohamad Bagus Sayekti.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Soal matematika yang bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill) selalu muncul di berbagai test dan ujian, seperti Ujian Nasional, test CPNS, test masuk perguruan tinggi, dan banyak lagi. Akan tetapi, dalam mengerjakan soal�soal matematika bertipe HOTS masih banyak ditemukannya kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa sehingga hasilnya belum maksimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kemampuan siswa, menganalisis jenis kesalahan siswa dan menganalisis perbedaan jenis kesalahan yang dilakukan saat mengerjakan soal matematika berjenis HOTS antara siswa laki-laki dan siswa perempuan SMP Islam Mumtaz kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika bertipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan kerangka berpikir katagiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah 14 siswa SMP Islam Mumtaz yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan yang telah mempelajari pola bilangan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan dilanjutkan wawancara secara individual untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini adalah Subjek berkemampuan matematika tinggi dengan nilai diatas 90 terdapat 2 orang, Subjek berkemampuan matematika sedang dengan nilai nilai antara 70-89 terdapat 9 orang, Subjek berkemampuan matematika rendah dengan nilai dibawah 69 terdapat 3 orang, lalu jenis kesalahan yang dilakukan oleh siwa adalah Sikap matematika, berpikir matematika terkait dengan metode matematika dan berpikir matematika terkait dengan isi matematika, secara keseluruhan siswa laki-laki lebih banyak melakukan kesalahan dengan 42 kesalahan sedangkan siswa perempuan 41 kesalahan,siswa laki-laki memiliki kecenderungan melakuka kesalahan di berpikir matematika terkait dengan metode matematika, sedangkan siswa perempuan memiliki kecenderungan melakukan kesalahan di sikap matematika dan berpikir matematika terkait dengan isi matematika. Secara umum masih banyak siswa belum dapat mengerjakan soal matematika bertipe HOTS oleh sebab itu diharapkan guru dapat memberikan lebih banyak latihan-latihan terkait dengan soal matematika bertipe HOTS dalam setiap proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Matematis, HOTS, Kerangka Berpikir Katagiri |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 06:39 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 06:39 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8985 |
Actions (login required)
View Item |