Nova Wahyuni, (2021) PENGARUH TERAPI DZIKIR TERHADAP KECEMASAN DAN SELF-EFFICACY MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA DALAM PROSES PENYUSUNAN SKRIPSI DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Kecemasan dalam proses penyusunan skripsi seringkali menjadi penghambat mahasiswa dalam menyelesaikan masa studinya. Kecemasan merupakan bentuk emosi yang tidak dapat dikontrol sehingga menimbulkan perasaan takut atau khawatir pada suatu kondisi dan situasi tertentu yang diduga mengancam sehingga menyebabkan kegelisahan, tidak nyaman, kehilangan percaya diri yang tidak jelas asal wujudnya dan dapat mengganggu individu. Kecemasan berdampak pada rendahnya self-efficacy atau tingkat kepercayaan terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya usaha positif dalam diri mahasiswa untuk mereduksi kecemasan yang dirasakaan selama menjalani proses skripsi salah satunya dengan membiasakan berdzikir kepada Allah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terapi dzikir terhadap kecemasan dan self-efficacy mahasiswa dalam proses penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan one group pre test-post test design dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Respon mahasiswa tadris matematika terhadap program dzikir adalah sebesar 94% dengan kategori sangat kuat. Uji korelasi variabel kecemasan diketahui nilai
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dzikir, Kecemasan, Self-Efficacy |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 06:45 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 06:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8988 |
Actions (login required)
View Item |