PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA

Ayu Kurniasih, (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran di kelas masih menggunakan sumber belajar dari buku paket dan LKS yang isinya memuat materi dan rumusan tidak menjelaskan konsep matematika secara nyata, oleh karena itu siswa menjadi jenuh dan bosan sehingga perlu adanya inovasi baru dalam sumber belajar yaitu modul. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran matematika berdasakan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Teknik pengambilan sample yaitu random sampling. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas VIII-C. Adapun untuk uji coba instrumen tes 21 siswa kela VIII A sebagai kelas kontrol dan 23 siswa KELAS VIII B sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan ADDIE (Annalysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Penentuan tingkat kelayakan produk berdasarkan uji validasi ahli materi dan ahli media dan uji coba produk dengan menggunakan tes dan angket. Hasil validasi ahli materi terhadap modul pembelajaran matematika menunjukan nilai rata-rata 4,73 atau 95,29% dalam kategori sangat layak/menarik. Hasil validasi ahli materi menunjukan nilai rata-rata 4,21 atau 84% dalam kategori layak/menarik. Hasil uji Independet Sample Test menunjukan nilai t hitung adalah 3,855 dan t tabel 1,682 maka t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan menerima Ha. Hasil uji independent pada motivasi siswa. Nilai t hitung adalah 12,686 dan t table 1,682 maka t hitung > t table, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Yakni penggunaan modul pembelajaran matematika efektif untuk meningkatkan motivasi siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pemblajaran matematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran Matematika , Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar, Motivasi siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:54
Last Modified: 23 Dec 2022 06:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8992

Actions (login required)

View Item View Item