PENGARUH PEDAGOGICAL KNOWLEDGE GURU DALAM PEMBELAJARAN LURING PASCA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Fitri Handayani, (2022) PENGARUH PEDAGOGICAL KNOWLEDGE GURU DALAM PEMBELAJARAN LURING PASCA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari kemampuan pedagogical knowledge guru terhadap hasil belajar matematika siswa pada saat kembalinya pemberlakuan belajar secara langsung setelah sekian lama melakukan pembelajaran daring. Metode pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan analisis deskriptif statistik terhadap data yang telah dikumpulkan, maka diketahui bahwa pedagogical knowledge guru di SMPN 5 Lemahsugih Satap secara umum dikategorikan baik dengan presentase yang dihasilkan sebesar 79%. Untuk hasil belajar matematika nilai pengetahuan secara umum berada pada kategori cukup dengan perolehan presentase sebesar 82,35% dengan frekuensi terbanyak yaitu 28 siswa. Dan untuk hasil belajar matematika nilai keterampilan siswa dikategorikan cukup karena mendapat presentase yang paling besar yaitu 70,59% dengan jumlah frekuensi 24 siswa. Sehingga setelah dilakukan analisis untuk mengetahui adanya pengaruh dari keduanya, mendapatkan hasil sebesar 0,006 kemampuan pedagogical knowledge guru terhadap hasil belajar matematika nilai pengetahuan dan 0,036 kemampuan pedagogical knowledge guru terhadap hasil belajar matematika nilai keterampilan. Hal tersebut berarti bahwa sebagian besar hasil belajar matematika nilai pengetahuan maupun nilai keterampilan siswa kelas VIII di SMPN 5 Lemahsugih Satap dipengaruhi oleh faktor lain yang berasal dari faktor internalnya. Karena pada pengujian analisis regresi sederhana pun mendapatkan nilai signifikansi yang lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,652 untuk nilai pengetahuan dan 0,283 untuk nilai keterampilan yang berarti menunjukan bahwa hipotesis dari peneliti sebelumnya mengenai adanya pengaruh dari pedagogical knowledge guru dalam pembelajaran luring pasca daring terhadap hasil belajar matematika siswa tidak tepat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pedagogical Knowledge Guru, Pembelajaran Luring, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:56
Last Modified: 23 Dec 2022 06:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8993

Actions (login required)

View Item View Item