EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MEMANFAATKAN MEDIA BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE DI ERA DIGITAL

Sahril Ramadani, (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MEMANFAATKAN MEDIA BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE DI ERA DIGITAL. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Media belajar di era digital dapat membantu siswa dalam memahami materi dan dapat meningkatkan hasil belajar menjadi lebih baik, salah satunya dengan bantuan software geogebra versi 5.0 menggunakan technological content knowledge. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran memanfaatkan media belajar dengan menggunakan technological content knowledge terhadap hasil belajar siswa di era digital dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran memanfaatkan media belajar dengan menggunakan technological content knowledge di era digital. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menghitung nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Desain uji coba penelitian yaitu pretest-posttest control group desain. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Sukaurip pada kelas VII-A sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik analis data yang digunakan yaitu menggunakan tes dan angket respon siswa, tes pretest-posttest uji statistik yang pertama melakukan uji efektivitas terdiri dari uji kriteri ketuntasan minimal (KKM), uji pengaruh (proporsi), uji n-gain, uji normalitasm uji homogenitas, dan uji paired sampe t-test dengan taraf signifikansinya 5% atau 0,05, dan langkah kedua melakukan uji kepraktisan terhadap angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran dengan adanya media geogebra menggunakan TCK di era digital efektif terhadap hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap media geogebra menggunakan TCK dalam pembelajaran matematika sangat baik dengan nilai rata-rata angket menujukkan bahwa respon siwa sebesar 77%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas pembelajaran, Media belajar, Technological content knowledge, Era digital
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:57
Last Modified: 23 Dec 2022 06:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8994

Actions (login required)

View Item View Item