Mutty Puji Lestari, (2022) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KUALITAS KARAKTER ABAD 21 PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1.Cover-Skripsi-Mutty Puji Lestari-1808105067.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
2.Bab 1-Skripsi-Mutty Puji Lestari-1808105067.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
6.Bab 5-Skripsi-Mutty Puji Lestari-1808105067.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
7.Daftar Pustaka-Skripsi-Mutty Puji Lestari-1808105067.pdf Download (34kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan literasi matematis sangat penting untuk mengerti peranan matematika dalam kehidupan sehari-hari, namun kemampuan peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Disamping itu, kualitas karakter abad 21 juga perlu ditumbuhkembangkan dengan baik sesuai kepribadian peserta didik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi matematis dan kualitas karakter abad 21 berdasarkan tipe kepribadian Keirsey. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek 66 peserta didik kelas VIII dan teknik pengumpulan data mengggunakan tes kemampuan literasi matematis, skala kualitas karakter abad 21, angket tipe kepribadian Keirsey dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) kemampuan peserta didik tergolong cukup tinggi pada aspek pemecahan masalah matematis, penalaran matematis dan koneksi matematis sedangkan pada aspek komunikasi matematis dan representasi matematis masih tergolong rendah (2) Kualitas karakter abad 21 peserta didik pada aspek curiosity, initiative, persistence/grit, adaptability, leadership, dan sosial and cultur/awareness memiliki kategori tinggi pada setiap aspeknya. (3) Tingkat kemampuan literasi tinggi dan tingkat kualitas karakter abad 21 tinggi terdapat pada peserta didik yang berkepribadian artisant, guardian, dan idealist. Tingkat kemampuan literasi sedang dan tingkat kualitas karakter abad 21 sedang terdapat pada peserta didik yang berkepribadian artisant, guardain, idealist dan rational. Tingkat kemampuan literasi rendah dan tingkat kualitas karakter abad 21 sedang terdapat pada peserta didik yang berkepribadian artisant, guardain, dan idealist sedangkan tingkat kemampuan literasi rendah dan tingkat kualitas karakter abad 21 tinggi terdapat pada peserta didik yang berkepribadian rational.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Matematis, Kualitas Karakter Abad 21, Tipe Kepribadian Keirsey |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 07:06 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 07:06 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8998 |
Actions (login required)
View Item |