Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren Perspektif Nurcholis Madjid

Ryal Alghifari, (2021) Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren Perspektif Nurcholis Madjid. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia yang berlangsung sepanjang hayat dan terus relevan dengan perubahan zaman serta kebutuhan masyarakat pada era tersebut. Beberapa lembaga pendidikan islam seperti pesantren belum bisa memberikan solusi bagi perubahan�perubahan di masyarakat sebagai akibat perkembangan arus globalisasi seperti kurikulum seadanya, guru yang kurang profesional, serta sistem Untuk menjawab krisis multi dimensi yang dialami khalayak maka pesantren hendaknya mampu memberikan solusi terbaik bagi masyarakat mengingat semakin berjibulnya problematika yang dibawa arus modernisasi. Nurcholis Madjid merupakan tokoh yang disebut-sebut sebagai lokomotif pemikiran modernisasi dalam dunia pendidikan islam. Kiprahnya dalam pembaruan sangat besar sehingga banyak dari pemikiranya yang mampu menyegarkan paradigma pemikiran pendidikan islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemikiran Nurcholis Madjid terkait modernisasi yang menyertai perjalanan panjang pendidikan pesantren di Indonesia serta solusi untuk relevansi ke arah yang lebih maju. Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif tentang pemikiran tokoh dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Data yang diambil dari dari buku-buku yang menjadi sumber serta berkaitan dengan gagasan modernisasi Nurcholis Madjid dan literatur perpustakaan lainya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : pemikiran Nurcholis Madjid dalam pembaharuan sistem pendidikan pondok pesantren (pengelolaan madrasah, tujuan, kurikulum) merupakan solusi dari sekelumit problematika yang dialami lembaga pendidikan islam dewasa ini yang erat kaitanya dengan kondisi ideal pesantren serta memiliki relevansi dengan konsep pendidikan modern. Dengan modernisasi sistem pendidikanya pesantren harus lebih maju dari lembaga pendidikan lain karena bagi Madjid pesantren adalah kawah canda dimuka yang mampu mencetak cendikiawan muslim (sadar akan perananya sebagai khalifah sekaligus ab‟dun, kemampuan untuk merespon tantangan dan tuntutan zaman yang beriman, berilmu, beramal).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Nurcholis Madjid, Pesantren, Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:51
Last Modified: 28 Dec 2022 01:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9018

Actions (login required)

View Item View Item