Abdul Malik Maulana, (2021) PERANAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SANTRI PONDOK PESANTREN AN-NIDHOM KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ditemukannya santri yang belum memiliki kemandirian dalam belajar, masih adanya santri yang belum biasa mengatur waktu belajarnya dengan baik, belajar karena takut hukuman, dan santri yang belum bisa mengelola keuangan dengan tepat. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui perananpendidikan di pondok pesantren, untuk mengetahui kemandirian belajar dan untuk mengetaui faktor yang membentuk kemandirian santri Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon. Berawal dari kerangka penelitian bahwa pendidikan pondok pesantren adalah bimbingan dan pengajaran yang diberikan oleh kyai kepada santri yang tinggal di asrama sebagai upaya mengubah perilaku menuju kedewasaan. Sedangkan kemandirian belajar adalah sebuah kesiapan untuk bertanggung jawab atas proses belajar seseorang agar dapat memenihi kebutuhan dan tercapainya tujuan yang diinginkan. Variabel dalam penelitian ini tergambarkan pada peranan pondok pesantren sebagai variabel X dan kemandirian belajar santri pondok pesanren An-Nidhom sebagai variabel Y. Penyusunan skripsi ini bersifat kualitatif dan berasal dari dua jenis data, yaitu data teoritik yang diperoleh dari buku yang ada hubungannya dengan masalah skripsi untuk dijadikan rujukan dan kedua data empirik yang diperoleh melalui penelitian terjun langsung ke objek penelitian yaitu seluruh lingkungan pondok pesantren An-Nidhom dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan data. Hasil data dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa pendidikan pondok pesantren An-Nidhom memiliki peranan sangat penting baik untuk santri maupun masyarakat, terbukti dengan penerapan pendidikan sesuai indikator-indikator peranan pendidikan pondok pesantren antara lain pendidikan melalui pembiasaan dan latihan tanggung jawab serta penanaman sikap disiplin.Kemandirian santri dapat terbentuk melalui pendidikan pondok pesantren, terbukti santri memiliki sikap percaya diri, disiplin, inisiatif dan tanggung jawab sesuai indikator kemandirian belajar. Faktor kemandirian belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kematangan umur dan intelegensi. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan dan dorongan orang tua.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Pondok Pesantren, Kemandirian Belajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 01:58 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 01:58 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9020 |
Actions (login required)
View Item |