Muchammad Rizky Edhiansyah, (2021) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR KELAS XI PADA MATERI BERANI HIDUP JUJUR DI SMK WAHIDIN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Wahidin Kota Cirebon dalam membentuk karakter jujur siswa dapat memberikan dampak positif terhadap penumbuhan karakter jujur bagi siswa SMK Wahidin Kota Cirebon. Namun, dibalik perubahan karakter jujur itu masih terdapat beberapa siswa yang melakukan tindakan yang tidak jujur seperti mencontek, manipulasi data, tidak berani mengakui kesalahan dan berbohong. Padahal siswa tersebut mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Wahidin Kota Cirebon dan sebagian besar siswa juga memiliki karakter jujur yang baik Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Wahidin Kota Cirebon; 2) mengetahui karakter jujur siswa SMK Wahidin Kota Cirebon; 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur siswa di SMK Wahidin Kota Cirebon. Pembelajaran adalah upaya guru dalam mengorganisir komponen – komponen pembelajaran bagi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat membantu peserta didik belajar dengan baik. Pembelajaran pendidikan Islam sangat dibutuhkan dalam mendukung pembentukan karakter Jujur dimana menjadi era yang penuh tantangan dihadapi oleh para siswa saat ini khususnya di SMK Wahidin Kota Cirebon. Merosotnya karakter kejujuran pada siswa sangatlah memprihatinkan, sekarang ini banyak sekali siswa yang tidak berprilaku jujur. Kejujuran dianggap sudah tidak penting lagi bahkan mengangap kejujuran tidak akan mengutungkan bagi dirinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data sebagai berikut: 1) observasi 2) wawancara 3) dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur di SMK Wahidin Kota Cirebon dengan komponen pembelajarannya yaitu, menyampaikan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran seperti metode tanya jawab, demonstrasi, ceramah, dan kisah qurani, media pembelajaran yang digunakannya seperti laptop, infocus, buku paket dan alat tulis, terakhir melakukan evaluasi pembelajaran. 2) karakter jujur siswa SMK Wahidin Kota Cirebon masih terdapat sebahagian siswa yang berprilaku tidak jujur seperti mencontek, berbohong, tidak berani mengakui kesalahan, dan manipulasi data. 3) faktor pendukung terbagi menjadi dua yaitu faktor internal, berupa kesadaran siswa dan faktor eksternal, berupa lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan. Begitu juga faktor penghambat terbagi menjadi dua yaitu faktor internal, berupa jiwa siswa yang masih labil dan faktor eksternal, berupa lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, pendidikan agama Islam, karakter jujur |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 02:24 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 02:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9026 |
Actions (login required)
View Item |