ANALISIS MATERI IMAN KEPADA RASUL MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA APLIKASI GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI SMK ISLAMIC CENTRE

Arib Mubarok, (2021) ANALISIS MATERI IMAN KEPADA RASUL MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA APLIKASI GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI SMK ISLAMIC CENTRE. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis materi iman kepada Rasul melalui pembelajaran jarak jauh pada aplikasi google classroom mata pelajaran PAI dan budi pekerti di kelas 11 SMK Islamic Centre, adapun fokus penelitian ini yaitu kegiatan pembelajaran dilakukan secara langsung di dalam suatu ruang kelas, dimana pendidik dan peserta didik berinteraksi secara langsung. Namun sejak terjadi pandemi COVID-19 pembelajaran dilakukan dirumah secara daring. Dalam hal ini pembelajaran mengalami kendala sebab harus menyesuaikan dengan keadaan yang ada oleh sebab itu, peneliti ingin menganalisa pembelajaran yang efektif dengan menyesuaikan pembelajaran daring. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui solusi dari permasalahan pembelajaran yang berbasis daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data dan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara serta teori kajian yang relevan dengan penelitian. Sumber data yang primer diperoleh melalui wawancara dengan guru, pengajar dans siswa . Sumber sekunder diperoleh dari dokumentasi dan observasi lapangan yang berkaitan Sekolah Menegah Kejuruan Islamic Centre (SMK IC). Peneliti bertindak sebagai partisipan, adapun prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran materi iman kepada Rasul dapat dikatakan baik, karena terdapat metode dan perubahan dari siswa dan juga guru. (2) manfaat e-learning yang diterapkan oleh SMK Islamic Centre melalui: manfaat pembelajaran, yang telah dijelaskan seperti dapat memudahkan siswa dalam belajar online, dapat memudahkan dalam berinteraksi dan berkomunikasi, memudahkan dalam penyimpanan data, efektivitas tranksaki materi, peneladanan contoh baik Rasul3) Faktor pendukung yang mencakup: fitur aplikasi mudah difahami, dapat menghemat kuota, adanya tugas terdata yang jelas. Begutupun dengan faktor penghambat mencakup: masalah jaringan/sinyal, handphone android, kuota internet.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pembelajaran iman kepada Rasul, Google classroom
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:18
Last Modified: 28 Dec 2022 04:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9045

Actions (login required)

View Item View Item