PENDEKATAN PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMPN 2 SUSUKANLEBAK KABUPATEN CIREBON

Adinda Novia Sari, (2022) PENDEKATAN PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMPN 2 SUSUKANLEBAK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kecerdasan intelektual (IQ) dipandang sebagai keberhasilan untuk menyatakan kesuksesan seseorang, tidaklah cukup hanya kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ) juga diperlukan guna menjadi penyeimbang dalam menghadapi persoalan hidup yang kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pembiasaan membaca asmaul husna, faktor pendukung dan penghambat pembiasaan membaca asmaul husna, serta dampak pembiasaan membaca asmaul husna terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di SMPN 2 Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Mengamalkan asmaul husna baik berdoa dan berperilaku sesuai dengan nama-namanya bermanfaat bagi pribadi seorang muslim dalam kehidupannya. Sehingga pembiasaan membaca Asmaul husna dapat berhubungan dengan kecerdasan spiirtual, membaca Asmaul husna berpengaruh secara psikologis terhadap sesorang yang membacanya seperti mendapatkan pengalaman batin, memiliki pengetahuan tentang Allah, dan mengenal sifat-sifat-Nya. Mengenal Allah juga akan menumbuhkan rasa cinta kepada Allah dalam jiwa seseorang Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembiasaan membaca asmaul husna dilaksanakan setiap pagi secara rutin dan diakhiri dengan membaca sholawat nariyah. Adapun Faktor pendukung pembiasaan membaca asmaul husna yakni adanya dukungan dari sekolah seperti bagian kesiswaan, kurikulum, guru-guru, dan komite sekolah termasuk media. Faktor penghambatnya yakni waktu yang minim, guru pembimbing yang tidak setiap hari hadir, dan peserta didik itu sendiri. Dampak pembiasaan membaca asmaul husna terhadap kecerdasan spiritual peserta didik adalah disiplin, rasa semangat yang tinggi peserta didik dalam menuntut ilmu, karena orang yang berdzikir hatinya akan lebih tenang dan ketika hatinya tenang orang tersebut akan mudah dibina dan dinasehati.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Asmaul Husna, Kecerdasan Spiritual
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:45
Last Modified: 28 Dec 2022 04:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9050

Actions (login required)

View Item View Item