Intan Riani, (2022) Efektivitas Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Kelas VII A dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Nurul Huda Beringin Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwasannya di MTs Nurul Huda Beringin Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon Kurangnya kegiatan yang bersifat kelompok menyebabkan kemampuan bekerja sama kurang berkembang dan minimnya motivasi siswa untuk bekerja sama pada saat pembelajaran. Metode diskusi suatu proses yang melibatkan dua orang atau lebih untuk sama-sama memecahkan permasalahan dengan menyampaikan pendapatnya masing-masing sehingga menghasilkan kesimpulan. Kerja sama merupakan bentuk interaksi sosial yang melibatkan beberapa orang dalam membuat tindakan bersama untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi di kelas VII A Mts Nurul Huda Beringin Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, mengetahui kerja sama siswa dalam pembelajaran Fiqih di Mts Nurul Huda Beringin Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kerja sama siswa kelas VII A Mts Nurul Huda Beringin Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode diskusi di kelas VII A MTs Nurul Huda Beringin dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan kerja sama siswa. Penerapan metode diskusi diawali dengan persiapan, pelaksanaan, dan menutup metode diskusi. Adapun kelebihan metode diskusi yaitu: dapat meningkatkan prestasi, kesimpulan hasil diskusi lebih mudah dipahami, rasa sosial siswa dapat dikembangkan, menambah wawasan siswa, saling mengemukakan pendapat. Adapun kekurangan dari metode diskusi yaitu : kemungkinan ada siswa yang tidak ikut aktif, waktu yang digunakan diskusi terbatas, dikuasai oleh siswa yang aktif. Kerja sama siswa dapat dikatakan baik, adapun faktor pendukung dari kerja sama siswa yaitu motivasi belajar dan kepentingan umum. Sedangkan faktor penghambat dari kerja sama yaitu identifikasi pribadi anggota kelompok dan hubungan antar anggota kelompok.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Diskusi, Meningkatkan Kerja sama |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 01:27 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 01:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9097 |
Actions (login required)
View Item |