Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim Karya KH. Hasyim Asy'ari

Ridwan Fauzi, (2022) Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim Karya KH. Hasyim Asy'ari. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya sebagian guru yang belum paham akan kompetensi kepribadian. Sebagai pendidik, memiliki kepribadian dan etika yang baik adalah suatau keharusan karena akan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Jangan sampai seorang siswa melakukan hal-hal yang kurang baik karena melihat seorang guru yang dianggap sebagai panutannya. Oleh karena itu, peneliti mengangkat penelitian ini serta menganalisa beberapa sumber mengenai kompetensi kepribadian guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memaparkan kembali kompetensi kepribadian guru khususnya dari pandangan KH. Hasyim Asya‟ari di dalam kitab Adabul „Alim Wal Muta‟allim. Sebagai bahan intropeksi diri sekaligus sebagai bekal bagi guru dan calon guru yang akan terjun ke dalam dunia pendidikan. Agar seorang guru mempunyai etika yang baik, sopan santun, baik itu dalam kegiatan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Kompetensi kepribadian guru merupakan hal yang penting dan harus dimiliki oleh seorang guru. Oleh sebab itu, etika menurut KH. Hasyim Asy‟ari di dalam kitab Adabul „Alim Wal Muta‟allim di fokuskan dalam tiga bab yaitu: etika guru terhadap diri sendiri, etika guru saat kegiatan belajar mengajar, dan etika guru terhadap siswanya. Penelitian ini tidak terlepas dari relevansi kompetensi kepribadian yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Semuanya merupakan hal yang penting sebab seorang guru harus memiliki empat kompetensi tersebut dan yang paling fundamental yaitu kompetensi kepribadian guru sesuai dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pendekatan library research atau kajian pustaka. Yaitu mengumpulkan data data dari buku yang berkaitan dengan penelitian ini baik dari sumber data primer maupun sekunder. Dan dari data ini diperoleh dengan menganalisis serta mengumpulkan data lalu diangkatlah sebuah kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu seorang guru harus mempunyai kepribadian dan etika yang baik bisa menempatkan waktu sesuai dengan situasi dan kondisi, tidak membeda-bedakan antar siswa lainnya, bersikap waro‟, tawadlu‟, tawakal, menegakan sunnah dan memerangi bid‟ah (dhalalh) serta bertutur kata yang baik, sabar, penyayang, ikhals, sopan santun, ramah dan menjauhi segala hal yang dapat merubah pandangan seorang guru menjadi tidak baik, sebab guru merupakan teladan bagi siswanya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Guru, KH Hasyim Asy'ari, Kompetensi Kepribadian
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:33
Last Modified: 03 Jan 2023 01:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9099

Actions (login required)

View Item View Item