EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI MASA COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KALAS VII SMP WAHIDIN KOTA CIREBON

Renaldi Bermula, (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI MASA COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KALAS VII SMP WAHIDIN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 mewajibkan semua orang untuk Stay at Home, kebijakan ini diterapkan oleh pemerintah dengan anjuran untuk tetap berada di dalam rumah. Dengan hal ini mulai diterapkan pembelajaran jarak jauh artinya siswa melaksanakan pembelajaran dari rumah masing-masing. Sehingga hal tersebut perlu adanya media pembelajaran yang baik yang mendukung proses pembelajaran jarak jauh ini, salah satunya adalah E-learning. E-learning merupakan salah satu media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran jarak jauh, dengan menggunakan e-learning proses pembelajaran dapat dilakukan tanpa harus berkumpul satu ruangan antara siswa dan guru serta teman sebayannya. Sehingga e-learning menjadi salah satu media pembelajaran alternatif yang digunakan pada saat pandemi Covid-9. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Wahidin Kota Cirebon. (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media E-Learning pada mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Wahidin Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan desain The One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, dengan jumlah sampel 60 siswa dari 130 siswa kelas VII. Data yang diperoleh kemudian di analisis statistik dengan bantuan software SPSS Statistics 21.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Wahidin Kota Cirebon, dibuktikan dengan nilai hasil rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 80.50 > 79,67, yang artinya pembelajaran menggunakan e-learning lebih berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) penggunaan media E�Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam efektif terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Wahidin Kota Cirebon. Dibuktikan dengan hasil Uji Mann Whitney di mana nilai probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa ketika menggunakan e-learning.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: E-learning, Pembelajran Jarak Jauh, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:57
Last Modified: 03 Jan 2023 02:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9118

Actions (login required)

View Item View Item