KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA CIREBON

Estika Parantika, (2022) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kompetensi guru menjadi hal yang penting dalam dunia Pendidikan tak terkecuali di SMK Negeri 2 Kota Cirebon, diantara empat kompetensi tersebut diantaranya ada kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian ini dapat mempengaruhi karakter seorang siswa, mengingat salah satu tugas guru yaitu sebagai suri tauladan bagi muridnya. Sehingga akan terjadi masalah ketika kompetensi kepribadian guru sudah baik, tetapi karakter siswanya belum baik, seperti masih banyak siswa yang menunda – nunda pengerjaan tugas, kurang peduli keadaan sekitar, telat atau bahkan tidak masuk saat kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 1) kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Cirebon, 2) karakter tanggung jawab siswa kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Cirebon, dan 3) kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Cirebon. Menurut E. Mulyasa Kompetensi kepribadian sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan pribadi siswa, kompetensi kepribadian juga memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam membentuk kepribadian anak guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia serta mensejahterakan masyarakat, kemajuan negara dan bangsa pada umumnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengolahan data menggunakan SPSS V.26. Adapun angket berjumlah 50 item yang dibagikan kepada 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Kota Cirebon masuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata prosentase sebesar 84,45% berada pada interval 81% – 100% . Begitupun karakter tanggung jawab siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Kota Cirebon masuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata prosentase sebesar 82, 49% berada pada interval 81% – 100%. Sedangkan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Cirebon masuk dalam kategori sedang atau cukup dengan perolehan nilai sebesar 0,458 terdapat pada rentang 0,40 – 0,599. Untuk nilai koefesien determinasi sendiri diperoleh nilai sebesar 20,9%. Dan berdasarkan hasil perolehan thitung sebesar (2,818) > ttabel sebesar (2,04227), artinya thitung > ttabel. maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dimana Ha menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi kepribadian, Karakter tanggung jawab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:09
Last Modified: 03 Jan 2023 03:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9123

Actions (login required)

View Item View Item