PENGARUH METODE QIROATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI IBU-IBU DI MAJELIS TA’LIM H. DASUQI KOMPLEK PERUMAHAN BIMA KOTA CIREBON

Halifah, (2022) PENGARUH METODE QIROATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI IBU-IBU DI MAJELIS TA’LIM H. DASUQI KOMPLEK PERUMAHAN BIMA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia secara umum masih banyak terdapat masyarakat yang belum memiliki keaksaraan Arab secara standar, khususnya untuk membaca Al-Qur‟an. Majelis ta‟lim H. Dasuqi Komplek Perumahan Bima Kota Cirebon memiliki program Qiroati untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan pembelajaran Qiroati, kemampuan membaca Al-Qur‟an ibu-ibu dan pengaruh metode Qiroati terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an bagi ibu-ibu di Majelis Ta‟lim H. Dasuqi Komplek Perumahan Bima Kota Cirebon. Kerangka pemikiran dalam skripsi ini adalah yang menjadi variabel independen yakni metode Qiroati sebagai variabel X dan variabel dependen yakni kemampuan membaca Al-Qur‟an ibu-ibu sebagai variabel Y. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara variabel x dan variabel y. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi, angket dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus prosentase, korelasi Product Momen, koefisien determinan dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden mengenai pembelajaran Al-Qur‟an menggunakan metode Qiroati di Majelis Ta‟lim H. Dasuqi Komplek Perumahan Bima Kota Cirebon sangat baik, begitu juga dengan kemampuan membaca Al-Qur‟an ibu-ibunya sudah dikatakan sangat baik meski dengan keterbatasan yang dimiliki. Dan pengaruhnya pun positif antara metode Qiroati dengan kemampuan membaca Al-Qur‟an ibu-ibu di Majelis Ta‟lim sebesar 22,09% sedangkan sisanya 77,91% dipengaruhi oleh faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Qiroati, Kemampuan Membaca Al-Qur‟an, Ibu-ibu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:37
Last Modified: 03 Jan 2023 03:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9131

Actions (login required)

View Item View Item