Rizqo Anis Safitri, (2022) IMPLEMENTASI KEGIATAN TAHSIN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN PADA MAHASANTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
Telah kita ketahui bahwa membaca Al-Qur’an tidaklah mudah karena itu, Allah memberikan banyak kemulian baik didunia maupun diakhirat. Untuk memperoleh bacaan yang baik dan benar tentu harus menggunakan kegiatan yang benar-benar efektif dan cepat karena mahasiswa akan melewati proses yang panjang dan kesungguhan yang sangat luar biasa. Dalam proses membaca ditemukan berbagai problem yang dihadapi seperti: mudah lupa, sulit mengucapkan, rasa malas serta kekurangan waktu dan bimbingan yang kurang baik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi kegiatan tahsin Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an pada mahasantri mukim di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini berawal dari kerangka pemikiran bahwa kegiatan tahsin yaitu menjadikan bacaan Al-Qur’an menjadi lebih baik yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan juga memperindah di dalam pelantunan bacaannya. kegiatan tahsin adalah salah satu cara pendidik dalam membaca Al�Qur’an yang menitik beratkan pada makhroj (temat keluar masuknya huruf) dan ilmu tajwid. Melalui seorang pendidik secara langsung dan berhadapan, karena dengan cara itu seorang pendidik bisa melihat apakah makhorijul huruf yang diucakan mahasiswa sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya atau belum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental dalam bentuk One-Group Pretest�Posttest Design. Dengan teknik sampling jenuh berpa 30 Mahasantri kelompok Al-Qur’an gedung baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penilitian yang telah dilaksanakan peniliti adalah implementasi kegiatan tahsin dengan kategori baik dengan skor rata-rata 67,82, kualitas bacaan Al-Qur’an mahasantri dalam kategori baik menunjukkan nilai rata-rata 80,40 dalam kategori B yaitu baik, pengaruh Kegiatan Tahsin terhadap Kualitas Bacan Al-Qur’an pada Mahsantri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai = 0,54 memiliki korelasi yang positif. Dan jika dilihat dari besarnya rxy= 0,54 indeks tersebut menunjukan angka positif dan terletak pada interval 0,40-0,70. Berdasarkan kriteria yang dikategorikan Sedang atau Cukup. Adapun besaran pengaruh Metode Tahsin Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an sebesar 29,16% dan sisanya 70,84%. Selanjutnya diperoleh hasil bahwa penelitian ini memiliki ttabel = 2,467 dan thitung = 4,040. Kemudian sesuai dengan kaidah maka, Ho diterima karena 4,040 ≥ 2,467 yang artinya signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahsin, Kualitas Bacaan Al-Quran, Mahasantri |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 01:50 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 01:50 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9162 |
Actions (login required)
View Item |