Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kota Cirebon

Helwa Imanial Hayati, (2022) Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik di SMP Negeri 12 Kota Cirebon dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang memahami dan menyukai pelajaran tersebut bahkan peserta didik cenderung asik mengobrol dengan teman sebangkunya. Hal ini disebabkan guru hanya menggunakan media papan tulis dalam proses belajar mengajar, meskipun metode pembelajaran bervariasi seperti metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab akan tetapi pembelajaran Pendidikan agama islam (PAI) belum mampu menarik perhatian siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama islam, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam, dan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media audio visual terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Pemanfaatan media audio visual harus memperhatikan kebutuhan akan informasi guna tercapainya suatu pembelajaran di dalam kelas dan peserta didik akan merasa senang maupun nyaman untuk mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri anak yang mampu menimbulkan kesemangatan atau kegairahan belajar, dengan pemanfaatan media audio visual tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dua jenis data, yaitu data teoritik yang diperoleh dari buku yang ada hubungannya dengan masalah skripsi, dan data empirik diperoleh melalui penelitian langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan angket mengenai pemanfaatan media audio visual diperoleh hasil sebesar 91%, hasil tersebut berada pada rentang prosentase 76%-100% yang menunjukkan baik. Adapun hasil penelitian Motivasi belajar siswa dengan menyebarkan angket diperoleh hasil sebesar 90% dan masuk dalam kategori baik karena berada pada rentang prosentase 76%-100%. Pemanfaatan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar yang dilihat dari angket saat pembelajaran kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menunjukkan korelasi yang mencapai rxy=0,856, yang menunjukkan pada korelasi yang tinggi karena berada pada interval 0,70-0,90.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Audio Visual, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:53
Last Modified: 10 Jan 2023 02:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9169

Actions (login required)

View Item View Item