PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) SALAFIYAH KOTA CIREBON

Dede Ruhaeti, (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah sudah dilakukan dengan baik seperti penggunaan metode, media dan evaluasi. Idealnya jika proses pembelajaran berjalan dengan baik maka perilaku keagamaan akan baik pula. Namun, pada kenyataannya masih ada siswa yang berperilaku kurang baik seperti cara berpakaian siswa belum sepenuhnya mencerminkan sebagai seorang muslim yang baik, tata cara siswa berbicara, tata cara siswa bertanya kepada guru masih menggunakan kalimat yang kurang baik dan benar, dan masih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Salafiyah Kota Cirebon (2) mengetahui perilaku keagamaan siswa Madrasah Aliyah Salafiyah Kota Cirebon (3) mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku keagamaan siswa Madrasah Aliyah Salafiyah Kota Cirebon. Pembelajaran yaitu kemampuan dalam mengelola secara operasional dan efisien terhadap komponen – komponen yang berkaitan dengan pembelajaran. Komponen-komponen yang dimaksud mencakup tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. Perilaku keagamaan adalah bentuk atau ekspresi jiwa dalam berbuat, berbicara sesuai dengan ajaran agama. Perilaku keagamaan mencakup perilaku terhadap Allah dan Rosul, Perilaku terhadap diri sendiri, perilaku terhadap keluarga, perilaku terhadap tetangga, dan perilaku terhadap masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan angket, teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Selanjutnya data dianalisis dengan korelasi Product Moment. Dari hasil angket pembelajaran akidah akhlak dikategorikan sangat baik dengan nilai 84,2%, perilaku keagamaan siswa juga dikategorikan sangat baik dengan nilai 88,3%. Adapun dari hasil pengolahan data dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dengan pengujian hipotesis menggunakan uji analisis sederhana dengan hasil uji t diperoleh ≥ yaitu (2,955 ≥ 2,032). Dapat diketahui pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku keagamaan siswa di Madrasah Aliyah Salafiyah Kota Cirebon terdapat koefisiensi korelasi ( = 0,452). Adapun pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap perillaku keagamaan siswa sebesar 20,44% sedangkan sisanya sebesar 79,56% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor lingkungan keluarga dan masyarakat yang tidak diteliti oleh peneliti.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Akidah Akhlak, Perilaku Keagamaan
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:55
Last Modified: 11 Jan 2023 01:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9209

Actions (login required)

View Item View Item