Jujun Gunawan, (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KITAB TANWIRUL QULUB FASAL FI ADABIL MURID MA’A SYAIKHIHI PONDOK PESANTREN AL-FATIH KAYUWALANG KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
CAVER DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Sekolah menjadi jembatan penghubung pendidikan karakter dalam keluarga dan masyarakat melalui implementasi nilai kehidupan sehari-hari siswa dalam pembelajaran. Namun demikian, untuk membentuk kepribadian yang baik pada diri seseorang tidak cukup dengan sekolah formal saja. Karena, sekolah tidak dapat mengontrol kehidupan secara keseluruhan. Tentang bagaimana pergaulan anak-anak dalam kesehariannya dan bagaimana anak dalam melakukan ibadahnya Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran kitab Tanwirul Qulub di pondok pesantren Al-Fatih Kayuwalang kota Cirebon, untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab Tanwirul Qulub Fasal Fi Adabil Murid Ma‟a Syaikhihi terhadap santri pondok pesantren Al-Fatih Kayuwalang kota Cirebon dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung terhadap implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab Tanwirul Qulub Fasal Fi Adabil Murid Ma‟a Syaikhihi terhadap santri di pondok pesantren Al-Fatih Kayuwalang kota Cirebon. Kitab Tanwirul Qulub membahas tiga bahasan secara umum, yang pertama adalah mengkaji tentang tauhid, yang kedua fiqih dan yang ketiga adalah tasawwuf. Akan tetapi dari tiga pembahasan tersebut, kitab Tanwirul Qulub lebih banyak mengupas tentang tasawuf, tentang bagaimana hubungan antara seorang hamba denga Tuhannya, termasuk adab seorang murid atau santri terhadap guru atau kiainya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan analisis deskripstif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait seperti kiai dan santri pesantren Al-Fatih Kayuwalang kota Cirebon. Hasil penelitian ini diantaranya adalah santri sudah menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang sesusai dalam kitab Tanwirul Qulub Fasal Fi Adabil Murid Ma‟a Syaikhihi. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran kitab Tanwirul Qulub menggunakan metode bandongan dan sorogan. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di pesantren Al-Fatih Kayuwalang kota Cirebon yaitu: pertama, lingkungan. Kedua pendidikan. Adapun faktor penghambat implementasi pendidikan karakter yaitu: rendahnya kesadaran santri, kebiasaan buruk di rumah terbawa ke pesantren, lingkungan yang buruk.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesantren, Pendidikan Karakter, Kitab Tanwirul Qulub |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:08 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 02:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9211 |
Actions (login required)
View Item |