HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PEMBANGUNAN MANDIRANCAN KECAMATAN MANDIRANCAN KABUPATEN KUNINGAN

Erlin Desy Amalia, (2022) HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PEMBANGUNAN MANDIRANCAN KECAMATAN MANDIRANCAN KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak sangatlah penting untuk ditanamkan sejak dini, khususnya bagi anak. Pendidikan akhlak bagi anak dapat dilaksanakan dilingkungan keluarga, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Di lingkungan sekolah, khususnya di sekolah-sekolah yang berbasis madrasah, pendidikan akhlak dilaksanakan melalui mata pelajaran Akidah Akhlak. keberhasilan dari pembelajaran Akidah Akhlak tidak hanya dilihat dari capaian nilai peserta didik yang bersifat kognitif, tetapi juga dilihat dari perilaku yang baik dan mulia dalam kehidupan mereka sehari-hari sebagai bentuk perubahan dari aspek psikomotorik. Adanya perubahan perilaku dalam keseluruhan pribadi peserta didik baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotor adalah indikasi dari hasil belajar yang ideal. Hal ini sejalan dengan pendapat Kompri yang mengklasifikasikan hasil belajar kedalam 3 ranah yakni, ranah kognitif yang berkenaan dengan hasil belajar intelektual, ranah afektif yang berkenaan dengan sikap dan nilai, dan ranah psikomotorik berkenaan dengan ketrampilan dan kemampuan bertindak individu. (Kompri, 2015 : 219). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data terkait dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, akhlak siswa di lingkungan sekolah, dan hubungan antara hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan Akhlak siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pembangunan Mandirancan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini, berdasarkan data yang diperoleh dari nilai raport dan kuisioner yang dibagikan kepada 29 responden dengan 20 butir soal pernyataan positif dan negative, Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII diperoleh nilai rata-rata sebesar 2.332 : 29 = 80,41 terletak pada interval 80- 100 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Akhlak Siswa yaitu (4 : 5) x 100% = 80% terletak pada interval 75%-100% termasuk dalam Kategori Baik. Hubungan antara Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Akhlak Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pembangunan Mandirancan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan.menunjukkan nilai korelasi 0,47 yang menunjukkan adanya korelasi yang Sedang atau Cukup Tinggi karena berada pada interval 0,40 – 0,70.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Hasil Belajar, Akhlak Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:00
Last Modified: 11 Jan 2023 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9218

Actions (login required)

View Item View Item