Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Fikih Pada Materi Pengurusan Jenazah Di Man 1 Kota Cirebon (Studi Kasus Siswa Kelas 10 Ips)

Nur Azizah, (2022) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Fikih Pada Materi Pengurusan Jenazah Di Man 1 Kota Cirebon (Studi Kasus Siswa Kelas 10 Ips). Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
0 COVER SKRIPSI DLL.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Metode Demonstrasi merupakan sebuah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga atau bantu dalam kegiatan belajar mengajar, dalam metode demonstrasi diharuskan mempunyai keahlian khusus, karena menyangkut proses pembeljajaran yang kondusif. Guru yang mempunyai peranan penting dalam pembelajaran, efektif tidaknya suatu pembelajaran semua tergantung guru. Motivasi ini sangat diperlukan untuk siswa guna menunjang kompetensi dalam dirinya untuk keefektifan dalam pembelajaran. Seperti yang terjadi pada MAN 1 Kota Cirebon, yakni pada proses pembelajaran masih berfokus kepada guru tidak adanya timbal balik, yang menjadikan siswa pasif pada saat pembelajaran, mengakibatkan kurang bergairah dalam proses pembelajaran dan siswa menjadi kurang termotivasi. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan metode demontrasi dalam meningkatkan motivasi belajar fikih pada materi pengurusan jenazah siswa kelas 10 IPS di MAN 1 Kota Cirebon, (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar fikih pada materi pengurusan jenazah siswa kelas 10 ips di MAN 1 Kota Cirebon, (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh peningkatan metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar pada materi pengurusan jenazah siswa kelas 10 ips di MAN 1 Kota Cirebon. Metode Demonstrasi ada tiga tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan merupakan faktor eksternal yang dapat memengaruhi motivasi belajarFikih Siswa kelas 10 Ips di MAN 1 Kota Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan pendekatan tersebut, maka jenis penelitian yang digunkakan adalah penelitian berbentuk deskriptif yakni untuk mengetahui nilai variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Tehnik penarikan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan jumlah sampel 30 siswa. Adapun tehnik korelasi yang digunakan adalah tehnik korelasi product moment. Product moment correlation merupakan salah satu tehnik untuk mencari korelasi antar dua variabel . Yang dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket , dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Metode demonstrasi di MAN 1 Kota cirebon prosentasenya sebesar 85,25% angka ini berada diantara rentang 75%-100% yang dikategorikan baik. (2) Motivasi Belajar Fikih Siswa di MAN 1 Kota Cirebon prosentasenya sebesar 90,91%. Angka ini berada diantara rentang 75% - 100% yang dikategorikan baik. Metode Demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar fikih siswa MAN 1 Kota Cirebon sebesar 85,11% sedangkan sisanya 14,89%. Selanjutnya oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar Fikih
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:47
Last Modified: 12 Jan 2023 00:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9225

Actions (login required)

View Item View Item