PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-BANNAA CIKALAHANG KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Putriana Indrawati, (2022) PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-BANNAA CIKALAHANG KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

MTs Al-Bannaa Cikalahang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon, merupakan sekolah yang menerapkan metode keteladanan oleh semua guru dalam pembentukan sikap sopan santun siswa, sehingga peserta didik menunjukkan beberapa sikap sopan santun yang baik. Namun di samping itu, banyak peserta didik yang menunjukkan sikap sopan santun yang baik terhadap guru MTs Al�Bannaa Cikalahang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Metode keteladanan merupakan suatu cara yang ditempuh seseorang dalam proses pendidikan melalui perbuatan atau tingkah laku yang patut ditiru dengan baik. Sopan santun merupakan perilaku seseorang yang menjujung tinggi nilai-nilai menghormati, menghargai, tidak sombong dan berakhlak mulia. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penerapan metode keteladanan di Mts Al-Banna (1) Untuk mengetahui sikap sopan santun siswa di MTs Al�Bannaa, (2) Untuk mengetahui penerapan metode keteladanan di Mts Al-Bannaa. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat sikap sopan santun siswa di MTs Al-Bannaa (4) Untuk mengetahui urgensi metode keteladanan dan sikap sopan santun siswa di MTs Al-Bannaa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Bannaa Cikalahang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Fokus penelitian adalah Metode Keteladanan dan Sikap Sopan Santun Siswa. Pada penelitian ini menggunakan instrumen pedoman observasi, pedoman wawancara, dan catatan dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sikap sopan santun siswa MTs Al-Bannaa Cikalahang tentu berbeda-beda, ada yang baik sehingga menerapkan sikap sopan santun, secara keseluruhan mereka mengikuti peraturan-peraturan yang diterapkan oleh Mts Al-Bannaa Cikalahang. (2) Penerapan sikap sopan santun siswa dilakukan melalui budaya 5S (Sopan, Santun, Sapa,Salam,Senyum), memakai seragam lengkap dan rapih, berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. (3) Faktor pendukung sikap sopan santun siswa disebabkan oleh keagamaan, karakteristik anak, dan latar belakang keluarga. Faktor penghambat siswa disebabkan oleh lingkungan masyarakat, social media, dan lingkungan sekolah. (4) Urgensi metode keteladanan dan sikap sopan santun siswa dalam penanaman nilai-nilai sopan santun harus dilakukan secara berkelanjutan dan terkontrol. kelak mereka yang akan membangun negeri ini menjadi negeri yang penuh dengan generasi penerus yang berkualitas dan berkarakter.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Sopan Santun, Metode Keteladanan, Sopan Santun Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:52
Last Modified: 12 Jan 2023 00:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9226

Actions (login required)

View Item View Item