Tia Fitriani, (2021) Pengaruh Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap Toleransi Siswa Kelas IV di SDIT Nusintama Labschool Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan multikultural adalah sebuah proses pendidikan cara hidup menghormati, tulus, toleransi terhadap keragaman budaya yang hidup di tengah�tengah masyarakat plural sehingga peserta didik kelak memiliki kelenturan mental bangsa dalam menyikapi konflik sosial di masyarakat. SDIT Nusintama Labschool adalah sekolah dasar Islam terpadu dengan berbagai macam keragaman peserta didik. Sekolah ini didirikan dengan semangat kurikulum yang memadukan unsur modernitas dengan tradisionalitas dalam konteks ajaran Islam, memadukan unsur seni dan budaya untuk membangun kearipan lokal, serta mengupayakan seoptimal mungkin pembentukan kepribadian yang multikultural. Pendidikan multikultural sebagai solusi untuk melahirkan siswa yang memiliki kepribadian unggul dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan secara menyeluruh dengan tujuan untuk membentengi generasi bangsa dari sikap anti toleransi, perundungan sejak dini, arus globalisasi, dan pertukaran kebudayaan seperti pada masa sekarang ini, sehingga akan menghasilkan sikap toleransi yang tinggi yaitu menerima dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada serta tidak melakukan diskriminasi terhadap kaum minoritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan multikultural kelas IV di SDIT Nusintama Labschool Kabupaten Cirebon, bagaimana sikap toleransi kelas IV di SDIT Nusintama Labschool Kabupaten Cirebon dan bagaimana pengaruh pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi kelas IV di SDIT Nusintama Labschool Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan expost facto. Pada pengumpulan data teknik yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDIT Nusintama Labschool Kabupaten Cirebon dengan jumlah 23 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homoginetas, uji determinasi, uji koefisien korelasi, dan uji t. Berdasarkan hasil output “Paired Sampel t Test” nilai signifikansi sebesar 0,00 karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan thitung 10,759 lebih besar dari ttabel yaitu 2,069, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi siswa kelas IV di SDIT Nusintama Labschool kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan multikultural, toleransi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 00:56 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 00:56 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9250 |
Actions (login required)
View Item |