PENGARUH PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI ABNAUL WATHON KABUPATEN CIREBON

Maftukhah, (2022) PENGARUH PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI ABNAUL WATHON KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Faktor–faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dalam keluarga yaitu cara orang tua mendidik, masih banyak orang tua yang tidak peduli terhadap perkembangan pendidikan anak namun menginginkan hasil yang lebih dari anak, pengertian dan perhatian orang tua yang kurang serta suasana rumah dan keadaan ekonomi yang kurang memungkinkan. Dalam pendidikan keluarga perhatian dan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua pasti berbeda-beda antar keluarga yang satu dan keluarga lainnya. Pendidikan dalam keluarga adalah proses pembentukan mental dan tingkah laku seorang anak manusia secara berkesinambungan dalam unit terkecil di dalam masyarakat. Sejatinya, pendidikan dimulai dari dalam keluarga karena tidak ada orang yang tidak dilahirkan dalam keluarga. Fungsi Pendidikan keluarga di antaranya yaitu: sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak, menjamin kehidupan emosional anak, menanamkan dasar Pendidikan moral, memberikan dasar Pendidikan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat serta mengukur seberapa berpengaruhkan pendidikan dalam keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada kelas V di MI Abnaul Wathon Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan segala perhitungannya adalah angka. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas V MI Abnaul Wathon beserta wali murid (orang tua). Berdasarkan hasil uji normalitas sebesar 0,873 hal ini dapat diartikan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan uji koefisien korelasi dari variabel X sebesar 0,670 < 0,05 yang artinya tidak berhubungan. Hasil penelitian koefisien determinasi pada penelitian ini menunjukkan kontribusi pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 68,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:31
Last Modified: 16 Jan 2023 01:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9272

Actions (login required)

View Item View Item