PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA

Sunardi, (2021) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh Metode rolle Playing terhadap Hasil Belajar Siswa,Dilatar belakangi seiring Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia adalah masih rendahnya kualitas pendidikan. Hal tersebut disebabkan oleh lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, siswa kurang di dorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran diarahkan kepada kemampuan siswa untuk menghafal informasi. Siswa dipaksa mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran di kelas adalah salah satu tahap yang sangat menentukan keberhasilan belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV MI Nurul Huda. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi Dan Tes . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen Uji Validitas Uji Reliabilitas uji normalitas uji linieritas dan regresi linier sederhana uji t dan uji f Dari hasil uji regresi menunjukkan bahwa adanya pengaruh terhadap penerapan metode bermain peran (Role playing) terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Huda Brebes. Terlihat dari hasil pengujian variable Metode bermain peran (Role playing) memiliki nilai p-Value (pada kolom sig.) 0,000. Dan 0,000 < Level of significant 0,05, dan ttabel (1,72) ≤ thitung (5,795) artinya signifikan. Signifikan disini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Adanya pengaruh metode bermain peran (Role playing) terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian penerapan metode role playing menjadikan siswa lebih aktif, inovatif,kreatif, dan efektif, juga efisien. Terbukti dari hasil yang baik dari ke sepuluh aspek yang diteliti. Metode role playing dapat menumbuhkan semangat belajar siswa dan perhatian yang lebih serius terhadap mata pelajaran. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas MI Nurul Huda Brebes.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bermain, Peran, Hasil Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:37
Last Modified: 16 Jan 2023 01:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9274

Actions (login required)

View Item View Item