Devi Ayu Azhari, (2022) PENGARUH PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHMEMATIC EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS IV MI SALAFIYATUL HUDA 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (281kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini menemukan banyak siswa kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru ketika guru mengaitkan nya dengan materi sebelumnya. Guru terkadang harus mengulang beberapa materi sebelumnya agar dapat menghubungkan dengan materi yang sedang dipelajari. Siswa hanya berpedoman dengan menghafal rumus dan tidak memahami konsep maka siswa menjadi kesulitan dalam menyelesaikan soal terkait menuliskan masalah kehidupan sehari – hari ke dalam bentuk model matematika. Siswa mengalami kesulitan dalam membuat hubungan antara konsep yang telah diketahui siswa sebelumnya dengan konsep baru yang akan dipelajari siswa. Guru di kelas juga belum efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui penerapan pendekatan RME (realistic mathematic education) pada pembelajaran matematika materi luas bangun datar di kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. (2) mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa di kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. (3) mengetahui pengaruh pendekatan RME (realistic mathematic education) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi luas bangun datar di kelas IV MI Salafiyatul 1 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 di kelas eksperimen dan 20 di kelas kontrol. Variabel yang dikaji adalah pendekatan RME (Realistic Mathematic Education ) dan kemampuan koneksi matematis. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Ekperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian analisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan rata - rata (Independent Sample test ) memperoleh nilai signifikansi nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,005 yang berarti sig (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh secara signifikan, dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan RME (Realistic Mathematic Education ) terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi luas bangun datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education ), Kemampuan Koneksi Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 01:53 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 01:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9279 |
Actions (login required)
View Item |