Lathifah, (2022) UPAYA GURU TAHSIN DALAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN JUZ 30 UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS 3 DI MI HIDAYATUS SHIBYAN TALUN. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa membaca Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap muslim didunia. Dalam dunia pendidikan Guru tahsin sangat berperan penting untuk mengajarkan peserta didik belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, apalagi dikalangan usia dini penerapan pembiasaan membaca Al-Qur’an sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan anak dimasa depan. Untuk itu, di MI Hidayatus Shibyan selalu mengadakan pembiasaan membaca Al-Qur’an Juz 30 setiap harinya sebelum jam pembelajaran dimulai sebagai salah satu upaya Guru tahsin dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an khususnya di kelas 3. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana upaya guru tahsin dalam pembiasaan membaca al-qur’an juz 30 pada siswa kelas 3 di MI Hidayatus Shibyan (2) mendeskripsikan bagaimana upaya guru tahsin dalam mengatasi kesulitan siswa kelas 3 di MI Hidayatus Shibyan untuk membaca Al�Qur’an (3) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi jalannya proses pembiasaan membaca Al-Qur’an juz 30 berlangsung pada kelas 3 di MI Hidayatus Shibyan. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sementara itu untuk subjek penelitian ini adalah Guru tahsin dan beberapa siswa maupun siswi kelas 3 di MI Hidayatus Shibyan Talun. Hasil penelitian ini adalah (1) Upaya pembiasaan membaca Al-Qur’an juz 30 dikelas 3 ini dilakukan 30 menit sebelum jam pembelajaran dimulai, dengan menggunakan metode Drill dan menyimak (2) Upaya yang dilakukan oleh guru tahsin dalam mengatasi kesulitan siswa kelas 3 dalam membaca Al-Qur’an yaitu dengan menerapkan pembiasaan membaca Al-qur’an juz 30 (3) Ada beberapa factor yang dapat mempengaruhi jalannya pembiasaan membaca al-qur’an juz 30, namun faktor yang lebih menonjol yaitu Dari factor internal siswa, seperti kesungguhan siswa dan rasa malas pada diri siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru Tahsin, Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Juz 30 |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 00:51 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 00:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9290 |
Actions (login required)
View Item |