Selly Mulyani, (2022) PENGARUH MEDIA PERMAINAN WORD SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR VOCABULARY BAHASA INGGRIS KELAS III MI AL-HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya siswa dalam memahami pembelajaran vocabulary Bahasa Inggris di kelas, sehingga ini menyebabkan siswa lebih senang bermain dan mengobrol ketika sedang belajar dikelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan media permainan word search pada pembelajaran vocabulary Bahasa Inggris di kelas III MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Media permainan word search merupakan salah satu media yang menjadi solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami vocabulary Bahasa Inggris, karena pada media permainan word search siswa diajak untuk berfikir dalam mencari huruf-huruf acak untuk mencari kosa kata dan disusun menjadi kata yang baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui penerapan media permainan word search di kelas III MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. (2) mengetahui hasil belajar vocabulary Bahasa Inggris kelas III MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. (3) mengetahui pengaruh media permainan word search terhadap hasil belajar vocabulary Bahasa Inggris kelas III MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain dalam penelitian ini yaitu Pre�Experimental Design dengan jenis One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas III A MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon yang berjumlah 17 siswa. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji determinasi serta uji N-gain. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan media permainan word search dengan menggunakan observasi memperoleh nilai persentase sebesar 94% dan nilai angket 86% memiliki hasil yang baik. Dari skor hasil belajar menunjukan peningkatan sebesar 78,5% dalam hasil belajar vocabulary Bahasa Inggris dengan hasil rata-rata posttest sebesar 88,2 lebih tinggi dari hasil rata-rata pretest sebesar 49,4. Terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai sig. (0,000) < probabilitas 0,05. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 di tolak artinya ada pengaruh antara penggunaan media permainan word search terhadap hasil belajar vocabulary Bahasa Inggris. Adapun pengaruh dari media permainan word search terhadap hasil belajar vocabulary Bahasa Inggris yaitu sebesar 16%, sedangkan sisanya 84% dipengaruhi oleh faktor lain. Pada uji N�gain memiliki peningkatan rata-rata indeks dari pretest ke posttest sebesar 0,8 dengan kategori tinggi, yang berarti bahwa hasil belajar vocabulary siswa tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Permainan Word Search, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Inggris |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 01:26 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 01:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9296 |
Actions (login required)
View Item |